3 Cara untuk Memahami Arti Mencintai Seseorang - wikiHow (2024)

Unduh PDF

Info penyusun

Referensi

Unduh PDF

Dalam Artikel Ini:

Mengetahui Apakah Anda Mencintai Seseorang

Mempertahankan Kelanggengan Cinta

Menentukan Apakah Rasa Cinta Sudah Padam

Tip dan Peringatan

Artikel Terkait

Referensi

Hal-hal seputar cinta sering dibahas dalam acara radio dan TV. Akan tetapi, banyak orang yang pernah menjalin hubungan cinta mengatakan bahwa kehidupan cinta tidak sesederhana apa yang ditayangkan di media. Setiap orang mengartikan cinta dengan cara yang berbeda, tetapi akan memiliki perasaan yang sama saat mencintai seseorang. Walaupun Anda harus menemukan sendiri arti mencintai seseorang, bacalah petunjuk berikut untuk memahami arti jatuh cinta.

Metode 1

Metode 1 dari 3:

Mengetahui Apakah Anda Mencintai Seseorang

Unduh PDF

  1. 1

    Ketahui bahwa mencintai seseorang berarti terhubung secara emosional dengan perasaan orang lain dan tidak hanya memikirkan diri sendiri. Anda selalu memikirkan kebahagiaannya seperti ingin membahagiakan diri sendiri. Saat Anda mencintai seseorang, Anda berdua akan menempuh jalan kehidupan yang sama. Anda akan ikut sedih saat ia menangis, marah ketika ia terluka, dan merasa bangga atas keberhasilannya.[1]

    • Jika Anda ingin segera menceritakan berita baik atau mendengar kabar darinya, mungkin cinta sedang bersemi di hati Anda.[2]
    • Ingatlah bahwa mencintai orang lain bukan berarti mengabaikan kepentingan diri sendiri. Pastikan Anda juga merasakan hal yang sama dalam hubungan ini.
  2. 2

    Ketahui bahwa dua orang bisa saling mencintai meskipun minatnya berbeda. Anda tidak harus menyukai hal yang sama agar bisa mencintai seseorang. Sering kali, perbedaan membuat cinta semakin berkembang sebab Anda berdua bisa saling berbagi dan lebih mengenal satu sama lain. Anda tetap bisa mencintai seseorang yang selera musiknya berbeda.

    • Akan tetapi, sikap menilai, marah, atau tidak menghargai minat pasangan akan menghambat tumbuhnya rasa cinta.
  3. 3

    Jadilah diri sendiri dan biarkan ia juga menjadi diri sendiri. Mencintai seseorang berarti menerima orang lain apa adanya tanpa menilai bahwa ia kurang baik dan tidak mengharapkan orang lain berubah agar menjadi lebih baik. Mencintai seseorang berarti mencintai walaupun atau bahkan karena ia memiliki kekurangan. Orang lain tidak harus berubah untuk memenuhi keinginan Anda agar layak dicintai.

    • Anda bisa lebih mengenal diri sendiri melalui orang yang Anda cintai sebab dengan mencintai seseorang, akan terungkap hal-hal yang belum Anda ketahui tentang siapa diri Anda yang sebenarnya.[3]
    • Jika Anda mencintai seseorang asalkan ia bertindak dan berbicara sesuai keinginan Anda, inilah yang disebut cinta bersyarat. Apa yang Anda pahami sebagai cinta hanyalah pikiran positif tentang seseorang. Anda mencintai “ucapan dan tindakan seseorang”, bukan mencintai “seseorang”.
  4. 4

    Ketahui bahwa Anda mungkin akan mengalami adiksi jika tidak bertemu dengannya. Ada teori yang mengatakan bahwa mencintai seseorang akan mengubah senyawa kimia otak sehingga Anda merasa senang karena kehadirannya dalam hidup Anda. Cinta mungkin sedang bersemi jika Anda selalu memikirkannya, merasa kehilangan jika ia pergi, dan ingin terus berinteraksi dengannya melalui berbagai cara.[4]

    • Akan tetapi, mencintai berbeda dengan terobsesi yang membuat Anda tidak mampu melakukan kegiatan sehari-hari karena terus memikirkannya.
    • Adakalanya, rasa membutuhkan seseorang termanifestasi sebagai rasa takut kehilangan dan ini adalah hal yang wajar.[5]
  5. 5

    Ketahui bahwa mencintai seseorang bukan berarti tidak pernah bertengkar. Cinta dalam kehidupan sehari-hari berbeda dengan cinta di film dan TV sebab tidak selalu indah dan berbunga-bunga. Orang-orang yang saling mencintai kadang-kadang bertengkar dan berdebat, dimulai dari orang tua, anak-anak, sampai suami istri yang bahagia. Mencintai seseorang berarti tetap menghargainya saat terjadi perbedaan pendapat. Jangan berpisah hanya karena perdebatan atau pertengkaran kecil sebab Anda bisa menemukan pemahaman yang sama melalui komunikasi yang baik. Sekalipun Anda marah atau kecewa, rasa cinta tetap ada. Pertengkaran terkadang membuat Anda semakin akrab.[6]

    • Cinta tidak langsung padam setelah terjadi pertengkaran. Cinta bisa memudar, tetapi butuh waktu. Jangan menyamakan tindakan dengan perasaan atau pikiran sebab cinta adalah perasaan, bukan tindakan.
  6. 6

    Bertanyalah kepada diri sendiri apa arti cinta menurut Anda. Setiap orang memiliki definisi cinta yang berbeda sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing dalam menjalin hubungan. Apa yang Anda harapkan dari teman atau pacar? Apa yang ingin Anda berikan kepada mereka? Apakah Anda pernah mencintai seseorang dan seperti apa rasanya?

    • Rasa cinta tumbuh dan akan berubah seiring bertambahnya usia. Arti cinta di usia 20-an dan pasangan yang merayakan 50 tahun pernikahan akan berbeda. Perubahan tersebut bukan berarti pasangan tidak lagi saling mencintai.
    • Jika Anda ragu apakah Anda mencintai seseorang dan perasaan ini masih ada setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, sepertinya Anda memang mencintainya.

    KIAT PAKAR

    3 Cara untuk Memahami Arti Mencintai Seseorang - wikiHow (10)

    Eric A. Samuels, PsyD

    Pakar Psikologi Klinis

    Eric A. Samuels, Psy.D. adalah pakar Psikologi Klinis Berlisensi yang membuka praktik pribadi di San Francisco dan Oakland. Dia menerima gelar Psy.D. di bidang Psikologi Klinis dari The Wright Institute pada 2016. Eric mengkhususkan diri menangani kaum pria, remaja pria, dan orang-orang yang memiliki orientasi seksual dan identitas gender berbeda.

    3 Cara untuk Memahami Arti Mencintai Seseorang - wikiHow (11)

    Eric A. Samuels, PsyD
    Pakar Psikologi Klinis

    Menurut Psikolog: Mencintai seseorang berarti menaruh kepedulian yang besar kepadanya, terpikat olehnya, dan ingin mengenal lebih jauh tentangnya. Cinta bisa bersifat platonik maupun romantis, tetapi tetap saja muncul keinginan untuk memahami si objek cinta dan menyayanginya .

  7. 7

    Ketahui bahwa cinta membutuhkan waktu agar bisa tumbuh. Cinta pada pandangan pertama yang biasanya terasa sangat romantis bukanlah sesuatu yang nyata. Rasa tertarik dan terobsesi bisa muncul seketika, tetapi cinta tumbuh perlahan-lahan. Cinta baru bisa berkembang setelah Anda mengenal seseorang dari aspek emosional dan sosial. Anda tidak bisa mengetahui hal-hal tersebut dalam waktu singkat.

    • Jatuh cinta bisa terjadi setiap saat dan tidak ada waktu yang “tepat” kapan seseorang boleh jatuh cinta, tetapi Anda perlu berteman cukup lama sampai saling mengenal dengan baik.[7]
  8. 8

    Ingatlah bahwa cinta tidak selalu romantis. Cinta bukan sekadar ketertarikan seksual atau hubungan asmara. Banyak orang yang mengungkapkan bahwa mereka mencintai keluarga dan teman baik. Cinta harus didasari oleh hubungan mendalam yang memberikan Anda keyakinan bahwa Anda bisa memercayai seseorang sepenuhnya. Anda berdua harus saling mengerti meskipun tidak dalam semua hal, setidaknya cukup untuk membuat Anda merasa saling mendukung untuk mewujudkan kehidupan yang bahagia.

    Iklan

Metode 2

Metode 2 dari 3:

Mempertahankan Kelanggengan Cinta

Unduh PDF

  1. 1

    Tunjukkan kepada pasangan bahwa Anda akan selalu mendampinginya apa pun yang terjadi. Berikan perhatian jika ia sedang menghadapi masalah atau merasa kecewa. Mendengarkan ia berbicara sudah cukup membuatnya yakin bahwa Anda peduli. Jika Anda tidak mampu menyelesaikan semua masalah, setidaknya Anda bisa menjadi teman di saat suka dan duka.

  2. 2

    Buatlah jadwal agar sering bertemu. Menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai bukan seperti sedang memenuhi kewajiban dan tidak menimbulkan stres. Menyediakan waktu untuk melakukan kegiatan bersama adalah hal yang mudah sebab Anda senang bertemu dengannya. Carilah kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan berdua lalu sisihkan waktu. Orang yang Anda cintai dengan sendirinya akan menjadi prioritas utama dalam jadwal Anda.[8]

    • Selain beraktivitas, manfaatkan waktu dengan mengobrol agar Anda bisa mendengarkan dan bertukar pikiran untuk mempertahankan kelanggengan cinta dan membangun rasa saling percaya.
  3. 3

    Carilah kesepakatan saat berdebat dan mengambil keputusan. Setiap orang bisa berbuat salah termasuk Anda berdua. Mencintai berarti mendahulukan kepentingan bersama, bukan ingin menjadi yang paling benar. Walaupun Anda harus bersikap jujur kepada diri sendiri, mencintai berarti mempertimbangkan pendapat orang lain dan pendapat Anda sendiri.

    • Apakah ada aspek lain yang perlu Anda pikirkan? Apakah ada sesuatu yang belum Anda sadari?
    • Apakah Anda marah karena apa yang terjadi atau karena terlalu larut dalam pertengkaran?
    • Apakah Anda masih mencintai dan menghargai pasangan? Hal tersebut jauh lebih penting daripada menjadi “pemenang” saat terjadi pertengkaran.[9]
  4. 4

    Tumbuhkan rasa saling percaya. Bersiaplah menjadi rentan karena mencintai seseorang. Anda harus mengungkapkan siapa Anda yang sebenarnya, berbagi hal-hal yang Anda sukai, dan meminta bantuan jika diperlukan. Hal-hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan cinta yang membahagiakan meskipun pada awalnya cukup sulit. Rasa saling percaya akan mempererat hubungan yang membuat Anda dan kehidupan cinta terus berkembang dan berubah menjadi semakin baik.[10]

    • Rasa percaya berarti mendengarkan orang lain dengan sepenuh hati, bukan hanya berbicara.
    • Ceritakan dengan jujur jadwal kegiatan dan keseharian Anda. Pasangan akan merasa terluka jika ia mengetahui bahwa Anda menyembunyikan sesuatu.
  5. 5

    Perhatikan diri sendiri dengan menjalani keseharian dan melakukan aktivitas menyenangkan tanpa melibatkan orang yang Anda cintai. Anda harus memenuhi kebutuhan diri sendiri sebelum memperhatikan orang lain. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu melakukan semua aktivitas berdua. Jangan sampai Anda mengabaikan kepentingan diri sendiri dengan meninggalkan teman-teman atau hobi karena mencintai seseorang. Hargai diri sendiri dengan melakukan beberapa hal berikut:

    • Nikmati waktu sendirian sesekali. Jika Anda berdua saling mencintai, hubungan akan baik-baik saja jika Anda menyendiri selama beberapa minggu.
    • Bersenang-senanglah dengan teman-teman, terutama teman sejak Anda masih sendiri. Persahabatan sama pentingnya setelah Anda mencintai seseorang.
    • Temukan hobi dan minat yang personal, tetapi bisa dilakukan berdua atau manfaatkan sebagai kesempatan untuk menyendiri saat Anda ingin bersantai.[11]
  6. 6

    Tunjukkan bahwa Anda berdua tetap saling mencintai. Hubungan yang sudah lama terjalin akan semakin kuat jika Anda berdua selalu saling memperhatikan, misalnya dengan mengirimkan pesan singkat, surel, atau menelepon. Walaupun sulit, hubungan cinta harus terus dijaga dengan menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang agar tetap langgeng.[12]

  7. 7

    Ubahlah rutinitas. Banyak hubungan yang retak karena terjebak dalam rutinitas sehingga Anda berdua merasa bosan, terikat, atau kecewa. Agar hubungan semakin akrab, ubahlah suasana dengan membuat kejutan, tetapi bukan dengan melakukan perubahan besar setiap beberapa bulan. Berikan kejutan kecil sesekali untuk menunjukkan bahwa Anda peduli, ingin lebih dekat, dan selalu memikirkan pasangan, misalnya dengan:

    • Memasak menu baru di akhir pekan.
    • Setiap minggu, tentukan tempat baru untuk bertemu.
    • Mengikuti kursus, seminar, atau mencari hobi baru yang bisa dilakukan berdua.
    • Mengenal teman-teman baru dengan mengajak mereka makan malam bersama.
    • Memulai proyek bersama, misalnya menulis buku, merawat tanaman, melukis, dll.[13]
  8. 8

    Batasi rasa cemburu dengan ikut merasakan kebahagiaan pasangan. Merasa cemburu sesekali adalah hal yang wajar dan bisa diterima, tetapi cinta membuat Anda mampu mengendalikan rasa cemburu, misalnya dengan ikut merasa bahagia saat kekasih Anda menemukan pasangan baru, mendapatkan pekerjaan yang ia mimpikan, atau masakannya lebih lezat daripada masakan Anda. Jangan biarkan kemarahan dan rasa cemburu membayangi hubungan Anda. Nikmati kebahagiaan atas kesuksesan orang yang Anda cintai.

    • Rasa cemburu yang tidak berlebihan adalah emosi yang sehat, tetapi akan berbahaya jika berubah menjadi rasa curiga.[14]

    Iklan

Metode 3

Metode 3 dari 3:

Menentukan Apakah Rasa Cinta Sudah Padam

Unduh PDF

  1. 1

    Ketahui bahwa cinta bisa padam dengan sendirinya. Hubungan cinta tidak selalu langgeng, mungkin karena sering bertengkar, terpisah karena kondisi kehidupan, atau tidak saling mencintai lagi. Perpisahan biasanya terasa menyakitkan, tetapi jika api cinta sudah padam, mungkin ini adalah pilihan terbaik.[15]

  2. 2

    Perhatikan apakah kebersamaan terasa menyenangkan atau sebagai kewajiban. Pertemuan dengan orang yang Anda cintai seharusnya terasa menyenangkan sebab cinta bukanlah kewajiban. Jika Anda merasa terpaksa, cari tahu mengapa perasaan Anda berubah. Apakah karena Anda ingin menghabiskan waktu seorang diri atau ada masalah yang lebih serius di antara Anda berdua?

    • Setiap orang membutuhkan waktu untuk menyendiri, tetapi berbeda halnya jika Anda mulai mengabaikan kekasih atau tidak suka bertemu dengannya.
    • Kebersamaan seharusnya tidak membuat Anda merasa lelah atau sedih.[16]
  3. 3

    Ketahui bahwa mengabaikan pasangan saat Anda membuat rencana merupakan pertanda awal padamnya rasa cinta. Rencana ini bukan sekadar memilih menu makan siang, tetapi menentukan hal-hal penting yang menjadi tujuan hidup. Jika Anda memprioritaskan keinginan Anda tanpa memikirkan kepentingan pasangan, Anda sudah tidak lagi berkomitmen dalam menjalin hubungan. Mencintai seseorang berarti memikirkan orang yang Anda cintai dan menerimanya sebagai bagian dari masa depan Anda.[17]

  4. 4

    Perhatikan apakah hubungan berjalan tanpa keintiman atau kemesraan lagi. Jika Anda sedang menjalin hubungan asmara, tetapi tidak menyukai sentuhan fisik, tidak mau membahas hal-hal yang Anda sukai, selalu ingin menghindar, atau tidak suka mengobrol, berusahalah mencari tahu penyebabnya. Cinta membuat hal-hal tersebut terasa menyenangkan, tetapi terasa canggung atau tidak nyaman jika cinta sudah padam.

  5. 5

    Akhiri hubungan jika Anda tidak lagi saling mencintai. Tentukan apakah masih ada rasa cinta di hati Anda. Cinta bisa padam tanpa sebab atau masalah, tetapi ini adalah kenyataan hidup. Semua orang mengalami perubahan agar semakin berkembang, tetapi terkadang harus berpisah. Mungkin Anda masih menyukai orang yang pernah Anda cintai, tetapi cinta yang sudah hilang sulit kembali lagi.[18]

    • Anda akan semakin terluka jika hanya berpura-pura atau memaksakan diri mencintai seseorang. Walaupun sulit, mengakhiri hubungan mungkin menjadi pilihan terbaik.

    Iklan

Tips

  • Jadilah orang yang murah senyum sebab senyum bisa membawa keajaiban.
  • Ingatlah bahwa Anda mencintai seseorang agar ia bahagia. Cinta dan perhatian yang Anda berikan pada akhirnya membuat Anda merasa bahagia.
  • Jangan terlalu cepat menjalin hubungan yang serius. Berteman saja dahulu.

Iklan

Peringatan

  • Jangan membuat orang lain tidak memercayai Anda. Jadilah pribadi yang layak dipercaya.
  • Orang yang Anda cintai mungkin membutuhkan waktu untuk mengenal Anda, tetapi jangan kecewa jika ia tidak mencintai Anda. Selama Anda menjadi teman yang baik, Anda sudah memberikan yang terbaik agar ia merasa bahagia.

Iklan

Tentang wikiHow ini

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 17 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Artikel ini telah dilihat 34.406 kali.

Daftar kategori: Cinta

Bahasa lain

English:Know What It Means to Love Someone

Español:saber qué significa amar a alguien

Русский:узнать, что значит любить кого–то

Português:Saber o que Significa Amar Alguém

Français:savoir ce que signifie être amoureux

  • Cetak

Halaman ini telah diakses sebanyak 34.406 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

3 Cara untuk Memahami Arti Mencintai Seseorang - wikiHow (2024)

FAQs

Bagaimana cara kita untuk mencintai seseorang? ›

5 Cara Mencintai Seseorang yang Paling Sederhana
  1. Memberikan perhatian sepenuh hati. ...
  2. Menghormati kebebasan seseorang. ...
  3. 3. Berbagi keberadaanmu dengan tulus. ...
  4. Menghargai hal kecil dan berterima kasih untuk hal besar. ...
  5. Mengerti kekurangan dan menghargai kelebihan.
Oct 27, 2023

Bagaimana kita tahu bahwa kita mencintai seseorang? ›

Para pakar hubungan menyebutkan setidaknya ada 5 tanda yang menunjukkan kita mencintai seseorang:
  1. Tertarik secara fisik dan emosional. Ketika kita jatuh cinta, kita ingin segalanya tentang si dia. ...
  2. Merasa aman secara emosional. ...
  3. Bisa dipercaya. ...
  4. Selalu memikirkannya. ...
  5. Ingin tahu lebih banyak.
Jul 31, 2023

Apa artinya cinta kepada seseorang? ›

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cinta adalah suka sekali, sayang benar, kasih sekali, terpikat, ingin sekali, berharap sekali, rindu, khawatir, dan risau. Pada dasarnya cinta termasuk dari bagian hidup kita. Tidak mungkin seseorang hidup tanpa cinta dan kasih dari orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana cara mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain? ›

Cara Mencintai Diri Sendiri
  1. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain. Hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain sebab karakter setiap orang pada dasarnya berbeda. ...
  2. Menjauhi Lingkungan Toksik. ...
  3. 3. Lakukan Hal yang Disukai. ...
  4. 4. Berpikir Positif dan Bersyukur. ...
  5. Berlatih Memaafkan. ...
  6. 6. Berani Mengatakan Tidak.
Jan 7, 2024

Bagaimana cara agar tidak mencintai seseorang berlebihan? ›

Berikut beberapa tips untuk dipraktikkan agar tidak berlebihan dalam mencintai seseorang.
  1. Memberikan Ruang Privasi. Mencintai seseorang tidak berarti harus selalu berada didekatnya setiap saat. ...
  2. Menjaga Keseimbangan antara Kehidupan Pribadi dan Hubungan. ...
  3. Mengalihkan Pikiran pada Kegiatan Positif.
Jun 5, 2023

Bagaimana ciri ciri cowok yang benar benar mencintai kita? ›

Tanda Pria yang Cintanya Tulus dan Jujur
  1. Sangat Empati dalam Berkomunikasi. ...
  2. Mendengarkan Dengan Hati. ...
  3. 3. Sabar dalam Menemani Pasangan. ...
  4. Mengutamakan Kebahagiaan Pasangan. ...
  5. Sangat Gigih Memperjuangkan Masa Depan Bersama. ...
  6. 6. Terbuka tentang Perasaannya. ...
  7. 7. Setia dan Menjaga Komitmen. ...
  8. Menghormati dan Melindungi Hubungan.
Dec 23, 2023

Orang tulus mencintai itu seperti apa? ›

Orang yang tulus mencintai akan memberi perhatian, menunjukkan kepedulian, dan empati kepada pasangan. Perhatian yang dimaksud tidak hanya sikap lembut atau peka terhadap apa yang diinginkan pasangan, tetapi juga memberi hadiah maupun kejutan kecil.

Cowok yang beneran sayang itu gimana? ›

5 Ciri Pria Benar-benar Sayang Padamu, Bikin Jatuh Cinta
  • Memberikan Perhatian Penuh. Ilustrasi Pasangan/https://www.shutterstock.com/Roman Samborskyi. ...
  • 2. Selalu Ada Untukmu. ...
  • 3. Berani Berkomitmen. ...
  • 4. Selalu Mendukung dan Perhatian. ...
  • Menunjukkan Kasih Sayang Secara Fisik.
Jul 26, 2023

Apa perbedaan cinta dan sayang? ›

Cinta bisa lebih sering berubah-ubah dan terkadang mungkin lebih intens. Cinta bisa melibatkan dorongan-dorongan romantis yang membuat hati berdebar dan perasaan meluap-luap. Namun, sayang mungkin lebih stabil dan hangat. Sayang adalah perasaan yang muncul dari ketulusan dan kenyamanan.

Apa perbedaan antara cinta dan kasih sayang? ›

Cinta memang identik dengan emosi bahagia yang meletup-letup. sem*ntara itu, kasih sayang lebih dekat dengan kenyamanan. Perasaan ini merupakan kumpulan dari berbagai emosi positif, seperti keamanan, kenyamanan, dan perasaan terlindungi.

Apa bedanya cinta dan jatuh cinta? ›

Mencintai seseorang berarti mengembangkan ikatan emosional yang mendalam dengannya. Ini adalah perasaan yang tumbuh seiring waktu saat kamu terhubung dan berbagi pengalaman dengan pasangan. Sebaliknya, jatuh cinta adalah aliran emosi dan kegembiraan yang tiba-tiba muncul pada tahap awal suatu hubungan.

Doa apa yang bisa meluluhkan hati orang yang kita cintai? ›

Allahumma Antal 'Aziizul kabiir, wa ana 'abdukadh dho'iifudz dzaliil Alladzii laa haula walaa quwwata illa bika. Allahuma sakhkhir lii fulaan (sebut nama orang yg di maksud) kama sakhkhorta Fir'aun li Musa, wa layyin lii qolbahu kamaa layyantal hadiid li Dawud.

Apa doa agar seseorang merindukan kita? ›

Doa agar Seseorang Rindu dengan Kita

Allahumma Inni-As aluka Hubbaka Wa Hubba Man Yuhibbuka Wal-Amal Alladzi Yu Ballighuni Hubbak. Allahummaj'al Hubbaka Ahabba Ilaiya Min Nafsi, Wa Ahli Wa Minal-Ma'il-Barid.

Berapa kali baca doa meluluhkan hati seseorang? ›

Di dalam Islam, bila ingin meluluhkan hati seseorang bisa berikhtiar dengan melakukan amalan membaca surat Al Kautsar sebanyak 3 kali. Al Kautsar merupakan salah satu surat pendek (bahkan terpendek di dalam Al Quran) yang termasuk dalam Juz 30.

Apa yang harus kita lakukan ketika kita mencintai seseorang dalam diam? ›

3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan saat Hati harus Mencintai Dia...
  1. Ikhlaskan Seseorang Itu. ...
  2. 2. Fokuslah pada Diri Sendiri Tanpa Melibatkan Apa pun Tentangnya. ...
  3. Mulailah untuk Tidak Memikirkannya. ...
  4. 3 Rekomendasi Kegiatan saat Libur Akhir Tahun, Tidak Perlu Mewah! ...
  5. 3 Tips Memperbaiki Hubungan Komunikasi dengan Pasangan.
Sep 23, 2022

Apa yang harus kita lakukan jika kita mencintai seseorang menurut Islam? ›

Langsung saja simak penjelasannya.
  1. Mendoakan orang yang dicintai. ...
  2. Menikahi orang yang dicintai. ...
  3. Menunjukkan sikap baik dan saling tolong menolong dalam hal kebaikan. ...
  4. 4. Ketika mencintai orang lain, ia akan menutup kejelekan atau aib orang yang dicintai. ...
  5. Menunjukkan sikap ramah dan murah senyum.
Sep 18, 2020

Apakah kita berhak mencintai seseorang? ›

Cinta adalah sesuatu yang bisa dimiliki semua orang. Bahkan cinta adalah hak setiap orang di dunia, akibatnya setiap orang berhak untuk mencintai dan dicintai oleh orang lain.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Eusebia Nader

Last Updated:

Views: 6081

Rating: 5 / 5 (60 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Eusebia Nader

Birthday: 1994-11-11

Address: Apt. 721 977 Ebert Meadows, Jereville, GA 73618-6603

Phone: +2316203969400

Job: International Farming Consultant

Hobby: Reading, Photography, Shooting, Singing, Magic, Kayaking, Mushroom hunting

Introduction: My name is Eusebia Nader, I am a encouraging, brainy, lively, nice, famous, healthy, clever person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.