mengetahui KLU perusahaan - Ortax (2024)

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (1)

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (2)

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (3)

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (4)

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (5)

  • pagi rekan2 ortax,
    saya ingin bertanya ttg KLU perusahaan tmpt saya bkrja yg baru terbentuk. apakah KLU smdgn KLBI dlm siup?
    mohon pencerahannya, krna saya bgg mengisinya. thx rekan2

    apakh KLU wajib diisi or tdk?

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (8)

    Clara3003

    Member

    2 April 2012 at 10:44 am

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (9)

    Joei

    Member

    2 April 2012 at 10:49 am

    Menurut saya, mending Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) di tanyakan d KPP saja rekan..

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (10)

    sansi

    Member

    2 April 2012 at 11:39 am

    KLU wajib diisi apalagi bagi perusahaan baru, untuk mengetahui KLU perusahaan bisa ditanyakan ke AR di KPP tempat perusahaan domisili. Tq

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (11)

    yuniffer

    Member

    2 April 2012 at 12:26 pm

    Originaly posted by clara3003:

    apakah KLU smdgn KLBI dlm siup?

    Setahu saya tidak sama.

    Originaly posted by joei:

    Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) di tanyakan d KPP saja rekan..

    Nomor Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) perusahaan rekan bisa dilihat di Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang diberikan bersamaan dengan pemberian kartu NPWP atau bisa dilihat di Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP).

    Originaly posted by clara3003:

    apakh KLU wajib diisi or tdk?

    Wajib diisi pada saat penyampaian SPT Tahunan Badan.

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (12)

    Clara3003

    Member

    2 April 2012 at 12:47 pm

    Originaly posted by yuniffer:

    Nomor Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) perusahaan rekan bisa dilihat di Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang diberikan bersamaan dengan pemberian kartu NPWP atau bisa dilihat di Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP).

    thx rekan yunnifer dll. saya jd tdk bgg lg 🙂

  • mengetahui KLU perusahaan - Ortax (13)

    yuniffer

    Member

    2 April 2012 at 2:33 pm

    Originaly posted by clara3003:

    saya jd tdk bgg lg 🙂

    kalo bingung lagi, pegangan ya…. 🙂

Viewing 1 - 7 of 7 replies

mengetahui KLU perusahaan - Ortax (2024)

FAQs

Bagaimana cara mengetahui klu pajak? ›

Bagaimana Cara Melihat Nomor Kode KLU Pajak? KLU Pajak umumnya ditemukan oleh wajib pajak dalam Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP). Selain itu, kode KLU Pajak juga dapat ditemukan pada formulir SPT Tahunan saat mengisi data wajib pajak.

Berapa kode KLU untuk karyawan swasta? ›

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjelaskan bahwa Wajib Pajak yang belum bekerja dan mengajukan pendaftaran NPWP dapat mencentang pilihan Pekerjaan dalam Hubungan Kerja pada menu Sumber Penghasilan. Kemudian, untuk kode KLU-nya dapat dipilih 96034 sebagai kode KLU bagi pegawai swasta.

KBLI dan klu apakah sama? ›

Dengan terbitnya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2022, maka Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang diterbitkan oleh BPS, saat ini resmi digunakan sebagai KLU Wajib Pajak dan mulai berlaku sejak 9 September 2022.

Berapa kode klu perdagangan? ›

Produksi dan distribusi listrik, gas, dan air bersih (kode KLU: 35) Konstruksi (kode KLU: 45) Perdagangan (kode KLU: 50)

Kode klu ada dimana? ›

Kode KLU Pajak selain tertera pada SPT, Anda juga bisa menemukan kode ini di Surat Keterangan Terdaftar yang diberikan bersamaan dengan NPWP perusahaan. Kode ini nantinya juga diperlukan untuk melengkapi data administrasi terutama yang berkaitan dengan pengajuan produk keuangan.

Apa itu kode Klasifikasi Lapangan usaha? ›

Klasifikasi Lapangan Usaha atau KLU pajak adalah kode yang dibuat dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berguna untuk kepentingan perpajakan dengan mengklasifikasikan wajib pajak ke dalam jenis badan usaha yang digolongkan berdasarkan beberapa kategori, yakni Golongan Pokok, Golongan, Sub Golongan, ...

Bisakah buat NPWP tanpa surat keterangan kerja? ›

Adapun syarat membuat NPWP untuk melamar kerja sesuai ketentuan pendaftaran NPWP pribadi adalah dokumen berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Cara membuat NPWP online bagi yang belum bekerja bisa dilakukan melalui e-registration (e-reg) yang dapat diakses pada alamat ereg. pajak.go.id.

Freelance masuk klu apa? ›

Gunakan kode KLU freelancer

KLU disajikan dalam lima digit angka. 5 digit angka sudah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Pada dasarnya, KLU untuk pekerja lepas adalah variatif. Namun, untuk pekerja lepas yang bekerja secara remote, maka bisa memilih KLU 74100.

Berapa kode klu buruh harian lepas? ›

Pada dasarnya, KLU untuk pekerja lepas atau freelancer ini variatif. Namun, bagi pekerja freelance yang bekerja secara remote di bidang khusus, bisa memilih KLU 74100 yakni Pekerjaan Bebas: Jasa Perancangan Khusus.

Apa yang dimaksud dengan KLU dalam pajak? ›

KLU pajak atau Klasifikasi Lapangan Usaha pajak adalah kode yang dibuat dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berguna untuk mengklasifikasikan wajib pajak ke dalam jenis badan usaha yang digolongkan berdasarkan beberapa kategori, yakni Golongan Pokok, Golongan, Sub Golongan, dan Kelompok Kegiatan ...

Apakah KBLI boleh banyak? ›

Jumlah Maksimal KBLI dalam NIB: Boleh Banyak!

Jawabannya: boleh! Penting untuk diketahui bahwa tidak ada batasan khusus yang mengatur berapa jumlah maksimal KBLI yang dapat dimasukkan dalam satu NIB. Artinya, kamu diperbolehkan memilih dan mencantumkan beberapa jenis KBLI yang sesuai dengan bidang usahamu.

KBLI 52291 Untuk apa? ›

Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan/atau pengepakan barang dalam volume besar lainnya, selain yang tercakup dalam kelompok 52291 s.d. 52298, seperti jasa pengiriman dan/atau pengepakan benda berharga asal muatan kapal yang tenggelam dan benda budaya lainnya.

Klu 96034 itu apa? ›

sem*ntara itu, untuk kode KLU-nya, bisa dipilih 96034 sebagai kode KLU bagi pegawai swasta. Jika kondisinya berubah di kemudian hari, wajib pajak bisa mengajukan permohonan perubahan data. Penjelasan otoritas tersebut menjawab pertanyaan netizen tentang tata cara pendaftaran NPWP bagi wajib pajak yang belum bekerja.

Pekerjaan bebas NPWP diisi apa? ›

Jika melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas maka dibutuhkan surat pernyataan bermaterai yang menyatakan jenis dan lokasi kegiatan usaha. Bisa juga digantikan dengan keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang merupakan mitra usaha wajib pajak.

Apa itu klasifikasi usaha di Indonesia? ›

KBLI adalah pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.

Apa itu kode klu NPWP Online? ›

KLU adalah Klasifikasi Lapangan Usaha yang digunakan untuk menghitung kewajiban pajak penghasilan. Ketahui ketentuan penggunaan dan cara cek kode KLU pajak, serta regulasi KLU pajak terbaru dalam PER-12/PJ/2022.

Klu NPWP diisi apa jika belum bekerja? ›

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjelaskan bahwa Wajib Pajak yang belum bekerja dan mengajukan pendaftaran NPWP dapat mencentang pilihan Pekerjaan dalam Hubungan Kerja pada menu Sumber Penghasilan. Kemudian, untuk kode KLU-nya dapat dipilih 96034 sebagai kode KLU bagi pegawai swasta.

Apa itu klu di SPT? ›

KLU Pajak atau klasifikasi lapangan usaha pajak adalah kode yang diciptakan dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Apa yg dimaksud kode klu NPWP? ›

Apa itu KLU? Merujuk PER-12/PJ/2022, KLU adalah pengelompokan aktivitas atau kegiatan ekonomi Wajib Pajak yang memuat informasi aktivitas, kegiatan usaha, pekerjaan bebas, atau pekerjaan dalam hubungan kerja yang dilakukan oleh Wajib Pajak.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Laurine Ryan

Last Updated:

Views: 5649

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Laurine Ryan

Birthday: 1994-12-23

Address: Suite 751 871 Lissette Throughway, West Kittie, NH 41603

Phone: +2366831109631

Job: Sales Producer

Hobby: Creative writing, Motor sports, Do it yourself, Skateboarding, Coffee roasting, Calligraphy, Stand-up comedy

Introduction: My name is Laurine Ryan, I am a adorable, fair, graceful, spotless, gorgeous, homely, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.