Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Meeting (2024)

Aplikasi Zoom kini banyak dipilih sebagai media untuk melakukan rapat atau kegiatan yang membutuhkan pertemuan banyak orang. Dengan aplikasi tersebut para penggunanya tetap bisa berinteraksi melalui kamera dan speaker. Namun bagaimana jika kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom?

Biasanya ketika Zoom meeting di laptop, pengguna akan mengaktifkan kamera akan pengguna lain bisa melihat. Namun jika masalah semacam ini terjadi tak perlu risau sebab kemungkinan bukanlah masalah yang serius.

Untuk mengatasi kamera laptop yang tidak mau berfungsi saat Zoom, simak ulasan berikut:

Daftar Isi

1. Mengaktifkan Fitur Kamera di Zoom

Ketika hendak melakukan rapat dan tiba-tiba kamera laptop tidak dapat berfungsi untuk mengatasinya pengguna bisa memeriksa pengaturan video pada aplikasi Zoom. Caranya, buka aplikasi Zoom kemudian masuk pada menu pengaturan. Kemudian pada bagian video pilih kamera yang pengguna gunakan di laptop.

Apabila menggunakan aplikasi kamera seperti Droidcam atau Epoccam maka pilih aplikasi yang kompatibel dengan Zoom. Setelah itu kembali ke rapat dan periksa apakah kamera sudah berfungsi atau belum. Pastikan bahwa pada ikon kamera tidak terdapat garis merah yang tandanya kamera sudah aktif.

2. Menginstal Ulang Zoom

Apabila cara yang disebutkan di atas masih belum bisa mengatasi masalah kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom maka langkah selanjutnya adalah hapus aplikasi tersebut. Pengguna bisa mencoba untuk menginstal ulang aplikasi Zoom di perangkat laptop untuk memperbarui fitur dan menghilangkan bug. Pengguna bisa mengunduhnya langsung dari situs web resmi Zoom.

Setelah aplikasi selesai dipasang, restart laptop pengguna. Melakukan restart dapat membantu untuk menyegarkan sistem agar dapat kembali berfungsi dengan normal. Setelah itu buka kembali aplikasi Zoom yang telah diperbarui dan periksa ulang apakah kamera bisa digunakan atau tidak.

3. Mengaktifkan Fitur Kamera Laptop

Ketika sudah mencoba mengatasi kamera tidak mau menyala di aplikasi Zoom dengan cara di atas, namun masih belum berhasil maka kemungkinan terjadi masalah pada kamera laptop. Mungkin saja secara tidak sengaja pengguna membuat kamera laptop menjadi tidak aktif. Untuk itu pastikan bahwa kamera laptop sudah diaktifkan sebelum memulai Zoom, untuk melakukannya bisa melalui menu pengaturan.

Masuk ke menu pengaturan yang ada di laptop kemudian pilih privacy. Setelah itu pilih kamera, kemudian pada bagian camera access for the device pastikan pengguna telah mengaktifkannya dengan memilih opsi on. Dengan demikian kamera laptop sudah menyala dan bisa digunakan untuk Zoom.

4. Menginstall Driver Kamera yang Terhapus

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa apakah driver kamera laptop pengguna masih ada atau terhapus. Apabila driver kamera ternyata terhapus maka cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom dapat diatasi dengan menginstal ulang driver kamera tersebut.

Pengguna bisa melakukannya dengan cara mengunjungi website resmi dari merek laptop pengguna. Kemudian install driver kamera yang dibutuhkan. Namun jika pengguna merasa kesusahan bisa juga untuk langsung membawanya ke service center.

5. Memperbarui OS Windows

OS yang telah kedaluwarsa mengakibatkan beberapa fitur yang ada di laptop menjadi tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu pengguna bisa mengatasi masalah kamera ini dengan cara memperbarui OS windows. Tunggu hingga proses update selesai baru pengguna bisa mencoba membuka ulang Zoom apakah kamera sudah bisa digunakan atau belum.

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasi kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom meeting. Ketiadaan kamera saat Zoom meeting dapat mengganggu kegiatan yang sedang berlangsung. Terutama ketika melakukan rapat ataupun menghadiri kelas online yang mewajibkan untuk menyalakan kamera Zoom.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Meeting (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rev. Porsche Oberbrunner

Last Updated:

Views: 6292

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rev. Porsche Oberbrunner

Birthday: 1994-06-25

Address: Suite 153 582 Lubowitz Walks, Port Alfredoborough, IN 72879-2838

Phone: +128413562823324

Job: IT Strategist

Hobby: Video gaming, Basketball, Web surfing, Book restoration, Jogging, Shooting, Fishing

Introduction: My name is Rev. Porsche Oberbrunner, I am a zany, graceful, talented, witty, determined, shiny, enchanting person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.