Cara Atasi Internet Lemot Agar tak Ganggu Pekerjaan |Republika Online (2024)

Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Internet kini berperan penting dalam setiap aktivitas masyarakat termasuk dalam hal efektivitas dan efisiensi pekerjaan. Internet juga diperlukan ketika sedang berada di rumah dan harus menjalankan kerja dari rumah.

Keberadaan internet menjadi lebih krusial terutama ketika harus mengirim data- data penting. Namun, seringkali tak jarang pengguna menemukan kondisi internet yang lemot dan menjadi kendala di saat- saat genting itu.

Mengutip siaran pers Biznet, Rabu (29/6/2022), berikut beberapa kiat untuk mengatasi internet yang lemot.

Restart modem atau router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif yaitu dengan me-restart atau menyalakan ulang perangkat modem atau router anda. Untuk mengulang sistem perangkat router atau modem, anda dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol daya.

Anda juga dapat mencabut langsung adaptornya, lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali. Biasanya kondisi internet anda bisa lebih baik setelah perangkat disegarkan kembali.

Perbarui aplikasi perangkat secara berkala

Memperbarui aplikasi dan juga sistem operasi perangkat elektronik anda secara rutin bisa jadi solusi mengatasi internet yang mengadat. Seringkali aplikasi masih menarik penggunaan data internet meski tidak digunakan oleh pengguna.

Dengan demikian, perangkat bekerja lebih ekstra karena hal yang sebenarnya tidak anda manfaatkan. Aplikasi-aplikasi yang belum diperbarui juga dapat membuat perangkat elektronik anda seperti ponsel, tablet, ataupun laptop menjadi sulit berkinerja maksimal sehingga mempengaruhi koneksi internet.

Bersihkan cache

Jika kita sering berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak ditutupi ini bisa menyebabkan koneksi Internet akan terus aktif. Solusinya tutup aplikasi yang tidak digunakan sehingga aktivitas pada aplikasi tersebut terhenti.

Tentunya bersihkan juga "cache" anda sehingga nantinya internet anda bisa kembali bekerja optimal untuk aplikasi yang akan digunakan.

Ganti provider internet

Langkah terakhir ketika kamu sudah melakukan semua hal, namun Internet masih tetap lemot maka anda perlu mempertimbangkan mengganti provider internet. Bisa jadi karena keterbatasan cakupan area, provider internet yang anda gunakan belum bisa maksimal memiliki jaringan internet yang optimal.

Cara Atasi Internet Lemot Agar tak Ganggu Pekerjaan |Republika Online (2)

sumber : antara

Advertisem*nt

Cara Atasi Internet Lemot Agar tak Ganggu Pekerjaan |Republika Online (2024)

FAQs

Apa yang dapat Anda lakukan terhadap Internet yang lambat? ›

Mulai ulang perangkat secara teratur . Matikan pembaruan otomatis pada aplikasi, konsol game, dan komputer. Perbarui perangkat lunak anti-virus, driver, firmware, serta perangkat lunak komputer dan perangkat. Tingkatkan perangkat Wi-Fi lama ke perangkat dengan teknologi Wi-Fi yang lebih baru dan lebih cepat.

Mengapa internet saya lambat sekali tetapi tes kecepatannya cepat? ›

Koneksi internet yang lambat mungkin disebabkan oleh berbagai alasan. Ini bisa berupa router Anda yang tidak efisien, pelambatan bandwidth penyedia layanan internet (ISP), perangkat yang ketinggalan jaman, atau bahkan malware .

Mengapa kecepatan internet saya lambat? ›

Kesehatan komputer Anda dapat memengaruhi koneksi Internet Anda. Spyware dan virus pasti dapat menimbulkan masalah, namun kecepatan koneksi Internet Anda juga dapat dipengaruhi oleh program tambahan, jumlah memori yang dimiliki komputer, ruang dan kondisi hard disk, serta program yang sedang berjalan.

Mengapa wifi saya sangat lambat di PC saya? ›

Mengapa Wi-Fi saya tiba-tiba lambat? Beberapa alasan umum adalah Anda terlalu jauh dari router, bandwidth Anda rendah, ada masalah dengan perangkat yang Anda gunakan, Anda perlu memperbarui driver jaringan, atau terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan dan mereka sedang streaming atau menggunakan banyak data.

Bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet di ponsel? ›

Untuk meningkatkan kecepatan internet ponsel Android Anda, bersihkan cache aplikasi dan browser web Anda secara rutin . Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > [Nama Aplikasi] > Penyimpanan > Hapus Cache. Selain itu, Anda dapat menghapus cache browser dengan mengakses pengaturannya dan menemukan opsi untuk menghapus data penelusuran.

Berapa kecepatan internet yang bagus untuk rumah? ›

Kecepatan download yang baik minimal 100Mbps, dan kecepatan upload yang baik minimal 10 Mbps . Dengan 100Mbps, Anda dapat melakukan streaming film, menghadiri rapat Zoom, dan bermain game online di beberapa perangkat secara bersamaan. Beberapa orang bisa mendapatkan Mbps yang lebih sedikit, dan yang lainnya membutuhkan lebih banyak.

Bagaimana Cara Agar Koneksi Internet Stabil? ›

Tips menjaga koneksi internet agar tetap stabil
  1. Atur penggunaan bandwidth. ...
  2. Mengganti perangkat dan melakukan perawatan. ...
  3. 3. Rutin menghapus cache pada browser. ...
  4. 4. Gunakan browser yang lebih efisien. ...
  5. Reset router. ...
  6. 6. Upgrade kecepatan internet. ...
  7. 7. Pilih jaringan wifi dengan koneksi stabil untuk bisnis.
Apr 14, 2023

Bagaimana cara meningkatkan kecepatan router? ›

Untuk mendapatkan kecepatan WiFi yang lebih cepat, cukup alihkan pita frekuensi ke 5 GHz , dan jangan lupa mendekatkan diri ke router Anda. Sebuah router dapat menyiarkan banyak saluran. Cobalah untuk menghindari saluran yang paling banyak digunakan di wilayah Anda, dan gunakan saluran yang tidak terlalu tumpang tindih jika memungkinkan.

Apakah modem mempengaruhi kecepatan internet? ›

​ Konsep router yang sama juga berlaku pada modem – modem tingkat rendah atau lebih tua akan memiliki batasan kecepatan . Modem yang lebih lama atau ketinggalan jaman mungkin tidak mampu mendukung kecepatan yang ditawarkan pada paket internet Anda. Tes kecepatan dapat membantu menentukan apakah modem Anda yang menyebabkan koneksi Anda melambat.

Bagaimana cara mempercepat Internet Centurylink saya? ›

Mematikan dan menghidupkan kembali modem saja dapat memaksanya untuk mengatur ulang dan memperbaiki koneksi yang lambat. Jika internet Anda lebih lambat dari biasanya, ada baiknya mencoba me-reboot modem sebelum melakukan hal lain. Tergantung pada usia dan kondisi router Anda, Anda juga dapat mengambil manfaat dari mengatur jadwal reboot secara teratur.

Apa yang akan terjadi jika internet padam? ›

Jaringan listrik modern bergantung pada internet untuk mengoordinasikan pembangkit listrik dan gardu listrik. Tanpa hal ini, jaringan listrik nasional di setiap negara akan menjadi tidak seimbang, dan pemadaman lokal akan meningkat menjadi pemadaman listrik di sebagian besar dunia . Jaringan pipa gas telah ditutup karena bergantung pada listrik dan internet.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Catherine Tremblay

Last Updated:

Views: 6069

Rating: 4.7 / 5 (47 voted)

Reviews: 94% of readers found this page helpful

Author information

Name: Catherine Tremblay

Birthday: 1999-09-23

Address: Suite 461 73643 Sherril Loaf, Dickinsonland, AZ 47941-2379

Phone: +2678139151039

Job: International Administration Supervisor

Hobby: Dowsing, Snowboarding, Rowing, Beekeeping, Calligraphy, Shooting, Air sports

Introduction: My name is Catherine Tremblay, I am a precious, perfect, tasty, enthusiastic, inexpensive, vast, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.