Penyebab Internet Terasa Lambat dan 6 Cara Mengatasinya (2024)

Jakarta, CNBCIndonesia - Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kecepatan internet yang anda gunakan menjadi lambat. Ini tentunya akan cukup menjengkelkan dan dapat membuat frustasi siapapun.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini Internet menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk dapat mengakses informasi yang berada di luar jangkauan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Internet Lambat

Penyebab atas masalah Internet lambat bisa saja merupakan modem atau router, sinyal Wifi, kekuatan sinyal pada saluran kabel, perangkat pada jaringan yang memenuhi bandwidth Anda, atau bahkan server DSN yang lambat.

Dan berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki kecepatan internet Anda yang melambat:

1. Silahkan persempit masalahnya dengan memeriksa sejumlah website dan perangkat

Jika internet Anda lambat, maka Anda perlu mencoba menghubungkan sejumlah website dan menggunakan sejumlah perangkat di rumah Anda. Jika kelambatan hanya terjadi pada satu website saja, ini berarti masalahnya ada pada website itu, bukan pada internet Anda.

Jika kelambatan terjadi pada satu komputer saja, maka masalahnya berada pada komputer itu, dan Anda perlu melakukan reboot komputer Anda atau dapat menggunakan sebuah scan antivirus untuk mengecek semuanya berjalan dengan baik.

2. Silahkan periksa kecepatan internet Anda dan bandingkan dengan kecepatan yang seharusnya diberikan provider internet Anda

Untuk cara kedua ini, Anda perlu menjalankanUji Kecepatan Internet dengan sebuah website CBN yang menyediakan layanan untuk para penggunanya. Namun sebelumnya, Anda perlu menghentikan kegiatan download, upload atau aktivitas internet apapun untuk memberikan hasil tes yang maksimal.

Untuk menggunakan layanan CBN yang gratis ini, Anda bisa menggunakan laptop atau ponsel pintar Anda dengan membuka browser di perangkat yang sudah dipilih. Cukup mudah, bukan?

3. Silahkan nyalakan ulang (reboot) Modem dan Router Anda

Jika langkah di atas tidak banyak memberikan hasil, maka sudah saatnya bagi Anda untuk menyalakan ulang modem dan router Anda. Untuk melakukan hal ini, maka Anda dapat mencabut keduanya dari aliran daya listrik selama beberapa detik sebelum dicolokkan kembali ke daya listrik.

Ini biasanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk terhubung kembali dengan provider layanan internet Anda dan menjadikan koneksi internet Anda online kembali, jadi bersabarlah.

4. Silahkan perbaiki sinyal WiFi Anda

Jika internet Anda berjalan dengan baik, maka silahkan cek sinyal Wifi Anda. Ada beberapa alasan Anda akan mengalami masalah sinyal Wifi, salah satunya adalah gelombang udara yang sesak dengan terlalu banyak perangkat di sekitaran.

Ini biasanya terjadi pada area perkotaan yang padat penduduk yang sama-sama menggunakan berbagai perangkat router nirkabel yang berbeda-beda.

5. Silahkan putuskan koneksi perangkat yang memenuhi koneksi Anda

Koneksi internet Anda biasanya terbagi untuk semua perangkat di rumah Anda, termasuk laptop, ponsel pintar, tablet dan lain-lain. Karena itu, tidak mengherankan jika perangkat lainnya pada jaringan Anda akan membuat penuh koneksi internet Anda, membuat koneksi internet jadi lambat untuk semua perangkat.

Misalnya saja, ada dua orang di rumah Anda sedang menonton layanan streaming Netflix, dan Anda sedang mendownload sebuah file, maka siapapun akan mengalami kelambatan internet. Silahkan coba hentikan koneksi internet pada salah satu perangkat, dan coba lagi koneksi internet Anda.

Atau ada opsi alternatif jika ini adalah masalah Anda, maka sudah saatnya Anda perlu meng-upgrade paket internet Anda dari paket yang sekarang ke paket dengan kecepatan internet yang lebih besar lagi. Dan pastinya, harganya akan lebih mahal dari paket sebelumnya.

6. Silahkan hubungi ISP Anda dan laporkan masalahnya

Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebab kecepatan internet Anda lambat adalah masalah yang dialami oleh provider layanan internet Anda sendiri. Sebagai contoh, mungkin saja ada masalah dengan saluran kabel yang mengarah dari rumah Anda ke ISP Anda, atau dengan dengan peralatan lainnya yang mereka miliki.

Jika begitu, maka sudah saatnya Anda menghubungi provider layanan internet Anda dan melaporkan masalah kelambatan internet Anda.

Sebagai tambahan, di daerah pedesaan di Indonesia, kecepatan internet biasanya akan sedikit terganggu jika terjadi cuaca yang cukup ekstrim seperti hujan badai. Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu bersabar hingga situasi berlangsung normal kembali dan kecepatan internet Anda akan kembali seperti semula.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Cara Ganti Password WiFi Rumah Semua Provider dengan Mudah


(roy/roy)

Penyebab Internet Terasa Lambat dan 6 Cara Mengatasinya (2024)

FAQs

Apa Penyebab jaringan WiFi Lemot? ›

Jarak dan hambatan. Wifi memiliki jangkauan yang terbatas, jika kamu berada terlalu jauh dari router atau akses poin, maka sinyal wifi akan melemah. Selain itu, jika terdapat banyak hambatan fisik seperti dinding tebal atau perabotan besar di sekitar router juga dapat mengakibatkan koneksi yang tidak stabil dan lemot.

Apa nama alat untuk memperkuat sinyal WiFi? ›

Selain itu, lantaran wifi repeater ini juga berfungsi sebagai penguat sinyal, maka orang juga biasanya menyebutnya sebagai wifi booster. Berkenaan dengan penyebutan yang berbeda di pasaran, kita tidak perlu bingung karena semuanya merujuk pada perangkat yang sama, yakni wifi repeater.

Apakah HP berpengaruh terhadap jaringan WiFi? ›

Jauhkan HP Android dari perangkat elektronik lain untuk memperkuat sinyal wifi. Perangkat elektronik akan mengganggu sinyal wifi dan akan membuat sulit untuk menangkap sinyalnya.

Kenapa WiFi semakin lama semakin lemot? ›

Salah satu alasan umum koneksi internet WiFi bisa menjadi lemot adalah adanya penghalang fisik, seperti dinding atau benda lainnya, yang menghalangi sinyal WiFi. Semakin banyak penghalang atau dinding yang dilalui, semakin lemah kecepatan WiFi yang diterima.

Kenapa koneksi WiFi terhubung tapi tidak ada internet? ›

WiFi tersambung tanpa internet yang sering terjadi adalah karena ada modem dan router yang bermasalah. Biasanya, modem dan router yang panas merupakan faktor yang membuat gangguan koneksi WiFi. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah mematikan router dan modemnya.

Bagaimana cara mengubah frekuensi WiFi? ›

Jalur frekuensi ini masih relatif kosong karena tidak tumpang tindih sehingga kamu punya kesempatan lebih leluasa untuk menggunakan wifi. Cara mengganti frekuensi di hp Android pun mudah: pilih Settings → WiFi → Advanced Settings → WiFi Frequency Band.

Apa itu bandwidth pada WiFi? ›

Bandwidth wifi adalah sejumlah data yang dapat dipindahkan melalui jaringan wifi dalam satu waktu, sem*ntara kecepatan jaringan mencakup seberapa cepat data tersebut dapat dipindahkan. Semakin besar bandwidth, semakin tinggi kecepatan jaringan.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Reed Wilderman

Last Updated:

Views: 5785

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 95% of readers found this page helpful

Author information

Name: Reed Wilderman

Birthday: 1992-06-14

Address: 998 Estell Village, Lake Oscarberg, SD 48713-6877

Phone: +21813267449721

Job: Technology Engineer

Hobby: Swimming, Do it yourself, Beekeeping, Lapidary, Cosplaying, Hiking, Graffiti

Introduction: My name is Reed Wilderman, I am a faithful, bright, lucky, adventurous, lively, rich, vast person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.