Adakah APN Internet Tercepat dan Lancar ? – Dunia Android (2024)

by aduanbengkalis

Bicara tentang APN atau access Point Name dari pihak operator selular memang terkadang banyak membuat bingung bagi para pengguna smartphone. Walaupun sekarang ini para user yang masih awam terhadap dunia internet langsung bisa memanfaatkan sambungan data tanpa ada utak-atik settingan APN sedikitpun, mengapa ?, ya karena ketika awal memasukkan kartu Sim ( simcard ) dan booting awal sudah dimulai semua settingan akan otomatis ‘nempel’ di pengaturan jaringan.

Adakah APN Internet Tercepat dan Lancar ? – Dunia Android (1)

Lain lagi persoalannya bila ada beberapa pengguna smartphone yang secara tidak sengaja menghapus, mengedit atau memang ‘sedikit usil’ dengan settingan yang ada, bisa saja sambungan internet tidak bekerja sebagaimana mestinya. Penggunaan APN tentu bukan sekedar monopoli smartphone saja, para pengguna modem sebagai jembatan tersambungnya internet di PC (komputer) juga mempunyai persoalan yang sama dalam hal isian data APN yang benar.

Dunia android sudah sering membuat artikel berkaitan tentang access point, dimana bagi sobat semua yang belum tahu apa dan bagaimana fungsi APN silahkan baca tutorialnya pada tautan di bawah ini.

Baca : Fungsi APN operator selular

Kali ini admin akan mengulas tentang beberapa pertanyaan yang sering menjadi polemik perihal APN, yaitu adakah APN operator selular yang tercepat ?, mungkin bila dijabarkan dalam pertanyaan yang sedikit panjang sebagai berikut “adakah APN yang paling cepat dan paling stabil untuk fungsi sambungan data operator selular ?”. Pertanyaan semacam itu sering terlontar di antara pengguna smartphone atau modem dengan kartu selular dari operator Lokal seperti Telkomsel, im3 Ooredoo, axis, XL, 3, dan smartfren. Dimana para pengguna merasa APN yang sudah ditetapkan oleh pihak operator tidaklah secepat yang diinginkan.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, yuk disimak beberapa uraian tentang APN tercepat yang diinginkan para pengguna smartphone di bawah ini menurut versi Dunia android.

1. Access point names ( APN ) di setiap provider memang sudah ditentukan sedemikian rupa agar pengguna dapat melakukan sambungan data internet dengan lancar dan dengan jalur yang sudah ditentukan. Setiap pengguna tidak bisa merubah sekehendak hatinya untuk mencari alternatif lain isian data APN yang bertujuan memanipulasi kecepatan data yang sudah ditentukan pihak operator.

2. Bila ada isian APN yang tidak ditentukan oleh pihak provider dan ternyata sambungan data masih bisa dilakukan bukan berarti pihak operator kecolongan atau merasa di’hack’, itu perkiraan yang salah, mengapa demikian ? karena tanpa disadari bila isian APN diubah sedemikian rupa dan sambungan internet masih bisa berjalan disebabkan pihak operator sudah mengalihkan settingan ke pengaturan defaultnya tanpa diketahui user walaupun di perangkat yang bersangkutan masih tertera settingan yang ‘salah’ tersebut. Ingat !, pihak operator bukanlah ‘anak kemarin sore’ yang bisa dipermainkan oleh para pelanggannya.

3. Lalu apakah benar ulasan di situs-situs yang menawarkan nilai APN tercepat tersebut benar-benar berfungsi ?, jawabannya : silahkan simak dengan seksama situs-situs yang membuat judul tentang APN operator tercepat pasti di dalamnya yang ditulis hanya nilai Default access point dari pihak operator tanpa ada yang berubah sedikitpun. Rata-rata situs yang membuat artikel tersebut memang bertujuan untuk meningkatkan rating penayangan pada setiap artikel yang dimuat dan dengan judul yang sedemikian rupa menarik minat pembacanya.

4. Jadi apakah ada APN tercepat untuk kartu selular lokal saat ini ?, jawabannya : APN tercepat adalah nilai yang telah diberikan pihak operator itu sendiri. Karena bagaimanapun anda mencari atau merubah nilai data pada settingannya tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan internet. Ingat, kecepatan internet bukan hanya dari segi APN namun ada beberapa aspek yang mempengaruhinya seperti Kondisi Hardware perangkat smartphone, kuota data yang dibeli, jarak antara BTS dengan pengguna, Cuaca, penghalang sinyal, adanya virus di perangkat dan lain sebagainya.

Nah, Diantara jawaban tentang Kecepatan APN diatas mungkin sudah sedikit membuka cakrawala para pambaca Dunia android perihal polemik APN tercepat operator selular saat ini yang masih banyak dipertanyakan. Jadi ikuti settingan APN yang diberikan provider agar lebih aman dan memang sesuai peruntukannya. Semoga ulasan diatas bermanfaat, terima kasih.

Adakah APN Internet Tercepat dan Lancar ? – Dunia Android (2024)

FAQs

Apakah APN bisa mempercepat koneksi internet? ›

APN menjadi salah satu faktor paling penting yang mempengaruhi kecepatan dan stabilitas internet.

Apakah APN penting? ›

APN (Access Point Name) merupakan sistem pengaturan nama jaringan koneksi dari suatu data seluler. APN ini punya peran penting untuk menyambungkan perangkat dengan jaringan internet.

Apa beda nya APN dan VPN? ›

APN memungkinkan konektivitas internet melalui jaringan operator seluler, khususnya untuk smartphone, modem, dan perangkat IoT. Sebaliknya, VPN dirancang untuk menyediakan keamanan dan privasi di internet untuk berbagai perangkat komputasi.

Bagaimana cara setting APN di Android? ›

1. Pengaturan APN di Android
  1. Buka “Pengaturan” di ponsel Android Anda.
  2. Pilih menu “Connections” dan klik opsi “Jaringan Seluler”.
  3. Pilih “Access Point Names”.
  4. Pilih “Add” untuk menambah APN atau pilih salah satu APN yang sudah ada untuk diedit.
  5. Tambah APN dengan mengisi salah satu APN Telkomsel dari pilihan di atas.
Jan 17, 2024

Bagaimana cara mempercepat internet di Android? ›

15 Cara Mempercepat Koneksi Internet Untuk HP Android
  1. Pemilihan Jaringan Seluler Sesuai Area Anda. ...
  2. Penggunaan Jaringan Seluler Tercepat. ...
  3. Matikan Pengaturan Update Software Otomatis. ...
  4. Matikan Fitur Hotspot. ...
  5. Bersihkan Aplikasi yang Sudah Tidak Dipakai. ...
  6. 6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan.
Jan 5, 2024

Bagaimana cara mempercepat koneksi internet android? ›

Cara mempercepat koneksi internet di HP Android
  1. Pilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area pengguna. ...
  2. 2. Gunakan jaringan seluler tercepat. ...
  3. Matikan update software otomatis. ...
  4. Matikan hotspot atau tethering. ...
  5. Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan. ...
  6. 6. Hapus aplikasi dan widget yang tak penting.
Dec 20, 2023

Apa fungsi APN di Android? ›

APN atau Access Point Name merupakan protokol penting dalam jaringan internet yang berfungsi sebagai validasi atas akses yang ingin dilakukan pengguna menggunakan jaringan yang dimiliki oleh penyedia layanan internet atau komunikasi.

Apa yang terjadi jika APN di reset? ›

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan reset atau setting ulang APN. Saat pengaturan diubah maka koneksi internet akan mengalami perubahan dari lebih stabil, cepat, atau bahkan bisa hilang.

Bagaimana cara membuat APN baru? ›

Setting APN di ponsel Android:

Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names > Isi pengaturan APN baru Anda. Ketik 'Internet' dan kosongkan username serta password Anda.

Kenapa harus setting APN? ›

APN (Nama Jalur Akses) menetapkan jalur jaringan untuk semua konektivitas data seluler. Operator tertentu mewajibkan Anda memasukkan pengaturan APN untuk mengatur layanan seluler. Anda hanya dapat mengedit atau melihat APN di iPhone dan iPad jika operator Anda membolehkannya.

Apa itu DNS dan VPN? ›

VPN menciptakan koneksi aman dan terenkripsi antara perangkat Anda dan internet. Ini melibatkan penggunaan protokol khusus untuk mengamankan lalu lintas data yang dikirimkan melalui jaringan. DNS adalah sistem yang menghubungkan nama domain (URL) dengan alamat IP yang sesuai.

Apa itu APN by U? ›

APN adalah pengaturan untuk akses internet biar gadget kamu bisa tersambung ke jaringan internet provider by.U.

Setting APN di mana? ›

Berikut adalah caranya untuk perangkat Android dan iOS. Settings > Network > Mobile network > Access Point Names > Add APN (ketuk tiga titik di bagian atas jika tidak ada, lalu pilih Add APN) > isi pengaturan APN > simpan.

Gimana cara setting APN XL? ›

Cara Setting APN XL di Android
  1. Buka menu "Pengaturan" atau "Settingan".
  2. Cari menu "Jaringan Seluler" atau "Mobile Network Settings".
  3. Pilih jaringan seluler XL kamu.
  4. Pilih "Nama Titik Akses" atau "Access Point Names".
  5. Tambah APN baru (jika belum ada).
  6. Masukkan pengaturan APN sesuai dengan pilihan kamu di atas.
Feb 15, 2024

Kenapa kartu telkomsel tidak ada jaringan data? ›

Penyebab sinyal Telkomsel hilang

Gangguan sinyal dari pemancar atau ada pembangunan yang secara tidak langsung memblokade sinyal untuk sampai ke smartphone Anda. Masalah pada kartu SIM atau slot SIM pada ponsel. Perangkat lunak yang bermasalah atau butuh pembaruan. Masalah teknis pada jaringan Telkomsel.

APN MMS untuk apa? ›

APN adalah sistem gateway (gerbang) atau sistem pengaturan nama koneksi untuk menghubungkan jaringan seluler operator dengan beberapa jaringan lain, termasuk jaringan internet dan MMS (Multimedia Messaging Service).

Apa yang dimaksud dengan setting APN? ›

Dilansir dari laman Android Central, APN atau Access Point Name adalah adalah nama untuk pengaturan yang dibaca ponsel untuk mengatur koneksi ke gateway antara jaringan seluler operator dan internet publik.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Lidia Grady

Last Updated:

Views: 6301

Rating: 4.4 / 5 (65 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Lidia Grady

Birthday: 1992-01-22

Address: Suite 493 356 Dale Fall, New Wanda, RI 52485

Phone: +29914464387516

Job: Customer Engineer

Hobby: Cryptography, Writing, Dowsing, Stand-up comedy, Calligraphy, Web surfing, Ghost hunting

Introduction: My name is Lidia Grady, I am a thankful, fine, glamorous, lucky, lively, pleasant, shiny person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.