Tahukah Sebutan Bilangan di Atas Triliun? Ada Sekstiliun, Nolnya Berapa? (2024)

TEMPO.CO, Jakarta - Triliun merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut bilangan setara 1.000 miliar. Bilangan ini dituliskan dengan lambang angka 0 sebanyak 12 kali. Lalu, Apa istilah yang digunakan untuk menyebut bilangan setara 1.000 triliun dan seterusnya?

Penyebutan bilangan besar terdapat dua versi, yaitu versi Amerika Serikat, Rusia, dan Prancis, serta versi Inggris, Belanda, dan Jerman.

Berikut penyebutan bilangan besar versi Amerika Serikat, Rusia, dan Prancis. Dalam sistem bilangan besar di atas triliun, ada kuadriliun untuk penyebutan 1.000 triliun. Sedangkan 1.000 kuadriliun disebut kuintiliun. Lalu, 1.000 kuintiliun disebut sekstiliun dan 1.000 sekstiliun disebut septiliun. Apakah masih ada istilah untuk menyebut bilangan yang lebih besar dari septiliun? Ya, 1.000 septiliun disebut oktiliun, sem*ntara 1.000 oktiliun disebut noniliun, dan 1.000 noniliun disebut desiliun.

Selain bilangan tersebut, ada pula sistem bilangan besar lain yang dianut Inggris, Belanda, dan Jerman. Di dalam sistem tersebut, dua satuan bilangan besar di atas 1.000 sama dengan 1.000 kali bilangan sebelumnya. 1.000 kali 1.000 sama dengan miliun, dan seribu miliun sama dengan miliar, yang di dalam sistem Amerika disebut biliun. Namun, satuan bilangan besar sesudah miliar atau biliun adalah sejuta kali bilangan sebelumnya. Sejuta biliun atau miliar adalah satu triliun atau 10 pangkat 24.

Indonesia, yang merupakan bekas jajahan Belanda, mengikuti sistem yang dianut Belanda. Itulah sebabnya mengapa Indonesia memakai miliar dan alih-alih biliun. Akan tetapi, pada 1978 terjadi pencampuran dalam sistem bilangan besar di Tanah Air. Menteri keuangan pada waktu itu, sepulang perundingannya dengan pejabat IMF atau Bank Dunia, memperkenalkan bilangan triliun yang setara dengan bilangan biliun dalam sistem Belanda.

Iklan

Scroll Untuk Melanjutkan

Akibatnya, orang Indonesia dewasa ini mengikuti sistem Belanda hingga bilangan miliar. Lalu beralih ke sistem Amerika dengan menggunakan nama bilangan triliun, yakni seribu miliar. Padahal, triliun dalam sistem Belanda adalah sejuta miliar. Karena memakai sistem Amerika, maka satuan bilangan besar, yang seribu kali triliun, ialah kuadriliun.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Baca: Tempo Inti Media Raup Laba Rp 3,99 Miliar Pada 2021

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klikdi sini.

Tahukah Sebutan Bilangan di Atas Triliun? Ada Sekstiliun, Nolnya Berapa? (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Tuan Roob DDS

Last Updated:

Views: 6175

Rating: 4.1 / 5 (42 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Tuan Roob DDS

Birthday: 1999-11-20

Address: Suite 592 642 Pfannerstill Island, South Keila, LA 74970-3076

Phone: +9617721773649

Job: Marketing Producer

Hobby: Skydiving, Flag Football, Knitting, Running, Lego building, Hunting, Juggling

Introduction: My name is Tuan Roob DDS, I am a friendly, good, energetic, faithful, fantastic, gentle, enchanting person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.