Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Arang Tempurung Kelapa dan Granular Karbon Aktif Guna Meningkatkan Kesejahteraan Desa Watuduwur, Bruno, Kabupaten Purworejo (2024)

Article Sidebar

Statistic

Read Counter :20190 Download : 10690

Main Article Content

Abstract

Tempurung kelapa merupakan limbah padat dari hasil olahan kelapa yang telah di ambil daging kelapa untuk mendapatkan santan (coconut milk). Tempurung kelapa pada umumnya digunakan untuk bahan bakar, keperluan rumah tangga atau souvenir. Desa Batuduwur, Kecamatan Bruno merupakan daerah penghasil tempurung kelapa yang dijual dengan harga murah. Untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, tempurung kelapa dapat diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi. Melimpahnya tempurung kelapa dapat diangkat sebagai potensi desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Kendala yang di temui untuk memaksimalkan limbah tempurung kelapa adalah kurangnya keterampilan warga dalam pemanfaatan potensi yang ada. Program pemberdayaan masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan ini dirancang menggunakan metode pelatihan dengan sistem penyampaian materi secara teori atau sosialisasi dan praktik atas pembelajaran yang telah dilakukan. Arang tempurung kelapa dapat dijadikan sebagai bahan arang batok kelapa dan karbon aktif. Karbon aktif adalah material perpori yang mempunyai kemampuan untuk menyerap pengotor yang terdapat dalam air yaitu sebagai filter air. Pelaksanaan program di lakukan dengan proses sosialisasi dan mengaplikasikannya kepada masyarakat. Program pendampingan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) dan menyerahkan alat produksi kepada masyarkat memberikan peluang yang baik untuk membangun industri rumah tangga. Hal ini perlu adanya dukungan dari beberapa pihak dan dapat melalui beberapa system seperti pembentukan program kemitraan dengan perguruan tinggi. Hasil pengabdian masyarakat di desa Batuduwur dapat memberikan dampak positif dalam mengembangkan usaha mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Article Details

Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Arang Tempurung Kelapa dan Granular Karbon Aktif Guna Meningkatkan Kesejahteraan Desa Watuduwur, Bruno, Kabupaten Purworejo (2024)

FAQs

Apa manfaat dari limbah tempurung kelapa? ›

Tempurung kelapa ini bisa dijadikan banyak benda serbaguna. Mulai dari centong nasi hingga mainan atau gantungan kunci, mangkok, cangkir, asbak, kancing baju, lampu meja, dan lain sebagainya yang termasuk ke dalam bentuk suvenir.

Limbah tempurung kelapa termasuk limbah apa? ›

Tempurung kelapa merupakan limbah padat dari hasil olahan kelapa yang telah di ambil daging kelapa untuk mendapatkan santan (coconut milk). Tempurung kelapa pada umumnya digunakan untuk bahan bakar, keperluan rumah tangga atau souvenir.

Apa yang dimaksud dengan kerajinan dari limbah tempurung kelapa? ›

Kerajinan tempurung kelapa yaitu produk estetik yang dibuat dari bahan tempurung kelapa dengan ketrampilan dan kreativitas seni. Pengembangan industri kerajinan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena potensi bahan baku di Indonesia melimpah, dan pasar dalam negeri maupun ekspor pun masih terbuka lebar.

Arang batok kelapa mengandung apa saja? ›

Arang tempurung kelapa mengandung unsur-unsur esensial seperti K, P, Na dan Mg. Unsur kalium yang memiliki komposisi yang tertinggi yaitu 45.01% dapat digunakan sebagai pengganti unsur kalium yang berasal dari pabrik.

Daerah manakah yang banyak menghasilkan kerajinan dari bahan tempurung kelapa? ›

Selain itu, Sulawesi Utara juga dikenal dengan produsen kerajinan tem- purung kelapa. Namun, sekarang tidak hanya Provinsi Sulawesi Utara yang memproduksi kerajinan dari tempurung kelapa, melainkan juga daerah Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

Limbah batok kelapa itu basah atau kering? ›

Daftar Limbah Bio-degradable/Basah . Limbah kebun dan hortikultura yang meliputi potongan rumput dan kayu, pangkasan, dahan, ranting, daun, potongan pohon, dll. Batok kelapa. Abu kayu/daun.

Tempurung kelapa termasuk limbah organik apa? ›

Tak heran bilamana tempurung kelapa termasuk ke dalam limbah organik kering. Hal itu karena tempurung kelapa mempunyai kadar air yang sangat sedikit, kemudian teksturnya juga sangatlah keras. Kemudian, tempurung kelapa juga membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa hancur.

Berapa pH arang batok kelapa? ›

Arang dari tempurung kelapa ini dapat digunakan sebagai adsorben dengan kandungan bebas air berkisar antara 10- 11% dan pH berkisar 6 – 8 serta memiliki sifat menyerap yang cukup besar serta pori-pori yang banyak.

Kerajinan apa saja yang dapat dihasilkan dari limbah batok kelapa? ›

Dikutip dari buku Seni dan Budaya oleh Harry Sulastianto, dkk (2006:59), tempurung kelapa banyak dimanfaatkan untuk membuat tas, kancing baju, hiasan interior rumah dan masih banyak lagi.

Produk apa saja yang bisa dibuat dari batok kelapa? ›

Tempurung kelapa dimanfaatkan untuk membuat mangkuk atau sendok saji dengan cara memotong, menghaluskan dan mengukir batok kelapa. Produk berbahan kelapa berupa mangkok, vas, teko, gelas es krim, tempat pulpen, kap lampu , dan lain-lain. Proses pembuatannya melalui berbagai tahap.

Limbah kelapa muda bisa jadi apa? ›

Limbah sabut kelapa muda ini dapat diolah menjadi bahan yang lebih bermanfaat dengan baik, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Serat sabut kelapa muda ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran pada pembuatan bahan akustik.

Kulit kelapa bisa dijadikan apa saja? ›

Sabut kelapa dapat diolah menjadi beragam produk jadi dan setengah jadi yang memiliki nilai jual tinggi. Produk tersebut antara lain: tali sabut, keset, serat sabut (cocofibre), serbuk sabut (cocopeat), serbuk sabut padat (cocopeatbrick), cocomesh, cocopot, cocosheet, coco fiber board (CFB) dan cococoir.

Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari pohon kelapa? ›

Komoditas strategis yang memiliki peran sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Manfaat tanaman kelapa tidak saja terletak pada daging buahnya yang dapat diolah menjadi santan, kopra, dan minyak kelapa, tetapi seluruh bagian tanaman kelapa mempunyai manfaat yang besar.

Apakah tempurung kelapa termasuk limbah organik? ›

Tak heran bilamana tempurung kelapa termasuk ke dalam limbah organik kering. Hal itu karena tempurung kelapa mempunyai kadar air yang sangat sedikit, kemudian teksturnya juga sangatlah keras. Kemudian, tempurung kelapa juga membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa hancur.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rob Wisoky

Last Updated:

Views: 6286

Rating: 4.8 / 5 (68 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rob Wisoky

Birthday: 1994-09-30

Address: 5789 Michel Vista, West Domenic, OR 80464-9452

Phone: +97313824072371

Job: Education Orchestrator

Hobby: Lockpicking, Crocheting, Baton twirling, Video gaming, Jogging, Whittling, Model building

Introduction: My name is Rob Wisoky, I am a smiling, helpful, encouraging, zealous, energetic, faithful, fantastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.