Mudah! Berikut Cara Zoom Meeting di Laptop Tanpa Aplikasi (2024)

Pandemi menyebabkan kegiatan tatap muka menjadi sulit dijangkau oleh masyarakat sehingga banyak yang beralih ke media online seperti Zoom.

Kendati demikian, karena keterbatasan ruang penyimpanan membuat pengguna tidak dapat mengakses aplikasi melalui ponsel.

Untuk itu, cara Zoom meeting di laptop tanpa aplikasi sangat diperlukan bagi pemilik ponsel dengan memori kecil.

Meeting lewat komputer pribadi cenderung lebih dipilih karena kemudahan akses fitur yang tidak bisa dipakai melalui ponsel.

Selain itu, presentasi yang ditampilkan jauh bisa dilihat dengan jelas secara keseluruhan. Langsung saja, simak uraian mengenai cara Zoom meeting di laptop tanpa aplikasi yang akan dijabarkan dengan singkat berikut ini:

Daftar Isi

1. Buka Web Browser (Web Client)

Mudah! Berikut Cara Zoom Meeting di Laptop Tanpa Aplikasi (1)

Langkah awal yang dapat dilakukan oleh pengguna yang ingin menggunakan Zoom untuk rapat melalui laptop adalah membuka web browser.

Perlu diingat bahwa fitur yang diberikan ini hanya bisa dipakai untuk gabung saja, tidak bisa sebagai penyaji. Apabila pengguna ingin membuat room atau menjadi host maka harus mengunduh aplikasi Zoom.

2. Masukkan Meeting ID

Setelah pengguna membuka web browser seperti diatas, langkah selanjutnya adalah memasukkan ID yang diberikan oleh host. Pengguna dapat meng-input ID pada kolom yang tersedia dengan menekan opsi Join Meeting.

Pada tahap ini, yang harus diperhatikan yaitu penulisan ID karena kalau tidak benar maka pengguna akan gagal masuk ke dalam room.

3. Masukkan Nama Pribadi

Apabila pengguna telah berhasil masuk dengan ID yang telah diketik sebelumnya, maka yang dilakukan berikutnya adalah memasukkan nama pribadi. Ingat! Jangan meng-input nama orang lain sebab nantinya bisa menjadi masalah baru pada saat meeting berlangsung.

Tuliskan nama pribadi dengan benar sesuai arahan dari penyaji agar host dapat mudah melakukan pengecekan.

Baca juga: Smartphone dengan Sistem Keamanan HP Terbaik

4. Lakukan Verifikasi Bukan Robot

Pengguna juga akan diminta untuk melakukan verifikasi pada kolom Robot dengan mengklik opsi tersebut. Fungsi dari pemeriksaan ini adalah memastikan bahwa yang nantinya menggunakan Zoom bukan berasal dari AI atau robot.

Pengguna dapat mengisi atau mencentang pilihan yang ditampilkan pada layar dan umumnya berupa gambar dengan arahan yang sudah tertera.

5. Tekan Tombol Join

Jika pengguna salah dalam melakukan verifikasi bukan robot, maka kemungkinan untuk dapat bergabung dalam meeting akan gagal.

Namun, apabila saat verifikasi sudah benar mencentang sesuai arahan maka otomatis bisa masuk ke rapat ingin dihadiri. Nantinya pengguna hanya perlu menekan tombol Join yang sudah tersedia pada laman di web browser.

6. Masukkan Meeting Password

Setelah berhasil bergabung, cara Zoom meeting di laptop tanpa aplikasi berlanjut dengan meng-input password sesuai yang telah diberikan. Pengguna harus memastikan bahwa sandi yang dimasukkan sudah benar dan tepat, karena kalau tidak nantinya akan gagal masuk dalam rapat. Untuk itu, perhatian setiap huruf atau angka agar berhasil gabung pada room.

7. Tunggu Persetujuan Host

Langkah terakhir yang perlu dilakukan oleh pengguna adalah menunggu persetujuan dari host yang memediasi rapat. Karena tanpa izin dari penyaji, pengguna tentu tidak akan bisa bergabung pada meeting yang akan dilaksanakan.

Apabila terlalu lama maka pengguna dapat mengirim pesan atau menghubungi agar segera dimasukkan ke dalam room.

Namun, jika cara Zoom meeting di laptop tanpa aplikasi diatas masih menemui kegagalan masuk, maka bisa menggunakan tahap alternatif berikut. Silahkan ikuti setiap langkahnya dibawah ini:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah mengkopi URL undangan.
  • Kedua masukkan meeting ID pemilik room.
  • Ketiga salin link yang sudah diubah pada web browser.

Itulah beberapa cara Zoom meeting di laptop tanpa aplikasi yang cukup praktis dan bisa langsung dicoba oleh pengguna. Disarankan untuk memperhatikan setiap detail agar dapat bergabung dengan sukses dan aman.

Mudah! Berikut Cara Zoom Meeting di Laptop Tanpa Aplikasi (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Clemencia Bogisich Ret

Last Updated:

Views: 5933

Rating: 5 / 5 (60 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Clemencia Bogisich Ret

Birthday: 2001-07-17

Address: Suite 794 53887 Geri Spring, West Cristentown, KY 54855

Phone: +5934435460663

Job: Central Hospitality Director

Hobby: Yoga, Electronics, Rafting, Lockpicking, Inline skating, Puzzles, scrapbook

Introduction: My name is Clemencia Bogisich Ret, I am a super, outstanding, graceful, friendly, vast, comfortable, agreeable person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.