Mudah, Begini Cara Pasang Set Top Box TV Digital (2024)

Jakarta -

Bagi kalian para pemilik TV analog, tentunya membutuhkan set top box (STB) untuk dapat menikmati siaran TV digital. Nah, ini ada langkah mudah pasang set top box di TV Analog.

Siaran analog di Indonesia sedang menuju fase akhir hayatnya. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan migrasi TV analog ke digital atau dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Proses suntik mati TV analog tersebut sudah berlangsung sejak 30 April lalu dan akan berakhir total pada 2 November 2022. Itu artinya, masyarakat mesti bersiap-siap sejak sekarang untuk beralih ke siaran digital.

ADVERTIsem*nT

See Also
IndiHomeTV

Adapun saat ini, sudah tersedia siaran simulcast, yang mana siaran TV analog dan TV digital dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk jajal siaran digital.

Tidak perlu membeli perangkat televisi baru untuk merasakan kemewahan siaran TV digital, seperti gambar bersih, suara jernih, teknologi canggih: mulai dari informasi peringatan dini ketika terjadinya bencana alam di sekitar masyarakat atau Early Warning System (EWS). TV analog masih bisa dipakai ketika siaran digital mengudara.

"Tidak berarti TV tabung tidak bisa menerima digital, bisa (menerima siaran TV digital) asal dipasang set top box," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Sebelum memasang set top box TV digital ini, detikers pastikan terlebih dahulu apakah di daerah kalian sudah tersedia siaran TV digital. Cara mengetahuinya, bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia di Play Store dan App Store.

Cara pasang set top box TV digital dengan mudah:

  1. Pastikan membeli STB yang sudah tersertifikasi Kominfo.
  2. Buka kemasan STB, yang biasanya isinya terdapat remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), kartu garansi, dan buku panduan.
  3. Pindahkan kabel antena yang terpasang di TV ke perangkat STB.
  4. Pasangkan juga kabel RCA di TV yang terhubung ke STB.
  5. Setelah itu, menyalakan TV dan STB.
  6. Kemudian masuk ke setting dan pilih HDMI. Kalau TV kalian tidak ada HDMI, maka pilih menu AV.
  7. Lalu pilih menu pencarian saluran dan secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital

Simak Video "Kominfo Klaim 1,7 Juta Set Top Box Gratis Sudah Diberi ke Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]

Mudah, Begini Cara Pasang Set Top Box TV Digital (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Fr. Dewey Fisher

Last Updated:

Views: 6001

Rating: 4.1 / 5 (42 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Fr. Dewey Fisher

Birthday: 1993-03-26

Address: 917 Hyun Views, Rogahnmouth, KY 91013-8827

Phone: +5938540192553

Job: Administration Developer

Hobby: Embroidery, Horseback riding, Juggling, Urban exploration, Skiing, Cycling, Handball

Introduction: My name is Fr. Dewey Fisher, I am a powerful, open, faithful, combative, spotless, faithful, fair person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.