Mengenal Urutan Angka dan Cara Membaca Nominal Uang Rupiah Serta Penulisannya (2024)

Mengenal Urutan Angka dan Cara Membaca Nominal Uang Rupiah Serta Penulisannya (1)

Mengenal Urutan Angka dan Cara Membaca Nominal Uang Rupiah Serta Penulisannya (2)Perbesar

ADVERTIsem*nT

Nominal uang berarti nilai uang yang tertera dalam instrumen keuangan dan mata uang. Di Indonesia, rupiah adalah mata uang yang sah digunakan sebagai alat pembayaran dengan simbol Rp. Dalam standar internasional, rupiah akan ditulis dengan IDR (Indonesia Rupiah).

ADVERTIsem*nT

Cara membaca nominal uang rupiah dan penulisannya sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Meski begitu, tak sedikit orang yang masih kesulitan ketika melafalkan ataupun menulis nominal rupiah dalam jumlah banyak.

Bagaimana cara membaca dan menulis nominal uang rupiah yang benar? Simak ulasan artikel di bawah ini untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

Urutan Angka Satuan sampai Jutaan

Sebelum mempelajari cara membaca nominal uang rupiah dan penulisannya, ada baiknya jika memahami dulu urutan angka mulai dari satuan sampai jutaan. Mengutip buku Solusi Jitu Lulus UN SMP/MTS 2016 oleh Avni Khairunnisa, berikut adalah urutan angka satuan sampai jutaan:

ADVERTIsem*nT

Cara Membaca Nominal Uang Rupiah dan Penulisannya

Dikutip dari buku Smart Writing: Menulis Tanpa Bakat & Teori: Elmatera karya M. Hariwijaya, berikut cara membaca nominal uang rupiah dan penulisannya yang benar.

1. Perhatikan Simbol Rp

Selain sebagai singkatan, simbol Rp juga dipakai dalam penulisan nominal uang. Jika dalam tulisan, simbol ini harus diletakkan pada bagian depan nominal uang. Namun dalam pengucapannya, simbol ini bisa diucapkan pada awal, tengah, atau akhir kalimat. Contoh:

ADVERTIsem*nT

2. Antara Simbol Rp dengan Nominal Uang Tidak Diberi Spasi

Sesuai dengan contoh di atas, di antara simbol Rp dan angka nominalnya tidak perlu diberikan spasi. Tujuannya untuk mencegah kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika menggunakan spasi, kemungkinan ada pihak yang sengaja menambah angka bilangan.

3. Gunakan Tanda Titik (.) Sebagai Pemisah Angka Ribuan-Jutaan

Jumlah ribuan sampai jutaan memerlukan tanda titik untuk memisahkan nominal uangnya. Bilangan ribuan merupakan bilangan nol yang berjumlah sebanyak tiga buah.

Contohnya adalah Rp2.000.000, dibaca dua juta rupiah. Sedangkan untuk nominal Rp50.000.000, dalam dokumen resmi atau kwitansi dapat ditulis menjadi 50 juta rupiah.

(NDA)

Mengenal Urutan Angka dan Cara Membaca Nominal Uang Rupiah Serta Penulisannya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arline Emard IV

Last Updated:

Views: 6257

Rating: 4.1 / 5 (52 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arline Emard IV

Birthday: 1996-07-10

Address: 8912 Hintz Shore, West Louie, AZ 69363-0747

Phone: +13454700762376

Job: Administration Technician

Hobby: Paintball, Horseback riding, Cycling, Running, Macrame, Playing musical instruments, Soapmaking

Introduction: My name is Arline Emard IV, I am a cheerful, gorgeous, colorful, joyous, excited, super, inquisitive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.