Apa itu Webcam? Inilah Fungsi dan 3 Jenisnya (2024)

Pernah melihat benda kecil di atas layar komputer atau laptop? Jika Anda pernah melihatnya, mungkin itu adalahwebcam. Sebenarnya apa ituwebcam? Mengapa hingga sekarang perangkat teknologi ini tetap dicari padahal sudah banyak laptop yang memiliki kamera sendiri? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Webcam?

Webcamadalah kependekan dariweb camerayang merupakan perangkat kamera digital untuk dihubungkan ke komputer atau laptop. Denganwebcam, maka gambar Anda bisa tertangkap secaralivekepada siapapun di berbagai penjuru dunia. Tentunya dengan jaringan internet serta aplikasi yang juga Anda gunakan.

Jadi Anda bisa menggunakanwebcamuntuk foto hingga menjalankan video ketika melakukanvideo conference. Tidak dapat dimungkiri, sekarang semakin banyak pihak yang melakukanvideo conference. Bahkan sudah menjadi hal yang lumrah.

Baca juga:Cara Membuat Ruangan Kedap Suara untuk Area Kerja

Biasanya di dalamwebcamtidak hanya terdapat kamera saja. Tetapi juga ada fitur lain seperti mikrofon, bisa digeser sesuai posisi yang diinginkan, memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan, serta lampu indikator yang akan menyala kalau kamera sedang aktif.

Dewasa ini, teknologiwebcamsemakin tinggi saja. Bahkan bisa memberikan hasil video 4K HD dengan kualitas suara yang jernih. Untungnya dari sisi harga juga beragam. Jadi Anda bisa mendapatkan satu paket audio video yang terbaik sesuai kualitaswebcam.

Apa Fungsi Webcam?

Ada berbagai fungsiwebcamyang bisa Anda manfaatkan, di antaranya:

1. Meeting

Anda bisa melaksanakanmeeting onlinedengan mudah jika menggunakan bantuanwebcam. Anda bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak dari lokasi yang berbeda-beda dengan tampilan visual serta audio mumpuni. Hal ini membuat urusan bisnis dan lainnya bisa lebih lancar lagi.

2. Belajar

Pandemi sekarang ini membuat semakin sulit untuk belajar secara langsung di sekolah atau kampus. Untungnya denganwebcam, maka ada bantuan dari sisi visual dan audio untuk urusan belajar. Selain ituwebcamjuga bisa membantu untuk melakukan pelatihan atautraining onlinesepertiwebinardan lainnya. Saat ini semakin banyakwebinaryang diselenggarakan dan masih terus dilakukan. Anda seharusnya bisa mendapatkan ilmu baru dengan mengikutiwebinar.

Baca juga: Tips Merawat Webcam External

Jenis Webcam

Ada beberapa jeniswebcamyang sering digunakan masyarakat pada saat ini, seperti:

1. USB Webcam

Webcamini coco*k untuk para pengguna baru karena hanya tinggal dicolok keportUSB tanpa harus melakukan pengaturan lainnya. Namun sistem operasi komputer ataulaptopyang digunakan juga tentunya harus bisa mendukung penggunaanwebcamtersebut.

2. Firewire and Card Based Webcam

Firewire adalah sebuah teknologivideo capture deviceuntuk kamera yang mendukungnya. Biasanya kalau adawebcamdengan teknologi ini, maka harganya terhitung mahal. Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah kemampuannya dalam menghasilkanframe ratetinggi, di antara 24 sampai 30 fps.

3. Network and Wireless Camera

Network and wireless Camera merupakan perangkat kamera yang tidak perlu disambungkan dengan komputer. Malah kamera ini sudah terhubung dengan modem jadi transfer visual dan audio bisa langsung muncul di layar dari lawan bicara Anda.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa ituwebcam, fungsi, dan jenisnya.Untuk pilihanwebcamkali ini, Anda bisa memilih paket Cisco Webex Room Kit yang ditawarkan oleh Edavos. Dengan kualitas terbaik di kelas dengan paket lengkap perangkatvideo conference, Anda bisa melakukanonline meetinghinggawebinardengan kualitas audio dan visual jernih. Jadi tunggu apalagi?

Apa itu Webcam? Inilah Fungsi dan 3 Jenisnya (1)

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai Hybrid, ayo bergabung di Newsletter Edavos.

Apa itu Webcam? Inilah Fungsi dan 3 Jenisnya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rueben Jacobs

Last Updated:

Views: 6354

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rueben Jacobs

Birthday: 1999-03-14

Address: 951 Caterina Walk, Schambergerside, CA 67667-0896

Phone: +6881806848632

Job: Internal Education Planner

Hobby: Candle making, Cabaret, Poi, Gambling, Rock climbing, Wood carving, Computer programming

Introduction: My name is Rueben Jacobs, I am a cooperative, beautiful, kind, comfortable, glamorous, open, magnificent person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.