3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (2024)

Briket merupakan sebuah blok bahan yang bisa dibakar untuk dijadikan bahan bakar. Bahan bakar alternative ini dibuat dari hasil pembakaran bahan berukuran kecil. Briket bisa dibuat dari berbagai jenis bahan namun briket yang paling umum digunakan yaitu briket arang, briket batu barang, briket biomas dan briket gambut. Cara membuat briket ini cukup mudah dan dalam pembuatannya bisa memanfaatkan bahan – bahan disekitar kita. Briket ini sangat membantu dalam hal memasak dan berbagai kebutuhan lainnya, briket ini menjadi bahan bakar alternatif yang cukup hemat dan bisa menjadi pilihan masyarakat. Briket ini memiliki banyak keunggulan karena mampu menghasilkan energi panas tinggi serta bisa tahan lama, membuat bahan bakar satu ini pilihan tepat untuk menghemat pengeluaran. Briket bisa dibuat dari bahan arang batok kelapa, serbuk kayu, sampah organik, arang sekam dan sebagainya. Berbagai jenis bahan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembuatan bahan bakar. Apabila Anda tertarik untuk membuat briket sendiri maka simak dengan baik artikel ini.

  1. Briket dari Tempurung Kelapa

3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (1)

Briket dari tempurung kelapa ini menjadi bahan bakar alternative yang memiliki banyak keuntungan jika menggunakannya. Beberapa keuntungan menggunakan briket tempurung kelapa ini yaitu hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Briket dari bahan tempurung kelapa ini mudah terbakar, bisa tahan lama dan menghasilkan energi panas tinggi, sehingga jika dibandingkan dengan bahan bakar lain briket tempurung kelapa ini lebih hemat. Pengolahan briket ini tidak menambahkan bahan kimia sehingga saat digunakan tidak berasap dan abu tidak berterbangan. Dengan menggunakan briket ini tak perlu kuatir peralatan memiliki noda hitam, sebab briket ini tidak meninggalkan noda pada peralatan.

Keunggulan Briket Tempurung Kelapa

Briket dari bahan tempurung kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu :

  • Lebih murah dan ekonomis.
  • Tidak beresiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
  • Panas tinggi dan kontinyu jadi sangat baik untuk pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak mengeluarkan suara bising dan tidak berjelaga jadi tidak membuat peralatan memasak menjadi rusak.
  • Ramah lingkungan serta aman bagi kesehatan terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.
  • Sumber briket dari batok kelapa ini berlimpah.

Bahan Pembuatan Briket Kelapa :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesinpenepung arang/ diskmill
  • Alat pencetak briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket

Pembuatan Briket Tempurung Kelapa :

  1. Proses pengarangan :
    Tempurungkelapadibuat menjadi arang dengan cara pengarangan manual yaitu menggunakan tong kemudian dibakar serta ditutup sampai hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang tersebut. Pengarangan ini juga bisa dengan menggunakan proses pirolisis yaitu dimana tempurung kelapa dimasukkan dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup selanjutnya asap dikondensasikan sampai mendapatkanasap cair.
  2. Proses penepungan :
    Arang yang telah dihasilkan melalui pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian ditepung menggunakan bantuan mesin diskmill.
  3. Proses pengayakan :
    Apabila sudah melalui proses penghancuran arang maka dilakukan pengayakan supaya bisa menghasilkan arang tempurung kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang tempurung kelapa ini diayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.
  4. Proses pencampuran media :
    Tepung tempurungkelapaini lalu dicampur dengan menggunakan air dan lem kanji. Ketika proses pencampuran ini perlu ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari tepung tempurungkelapa tadi.
  5. Proses mencetak briket arang tempurung kelapa :
    Apabila semua bahan tadi telah tercampur dengan merata lalu lakukan proses pencetakan dengan menggunakan cetakan.
  6. Proses pengeringan :
    Keringkan briket yang telah dicetak dengan menggunakan oven bersuhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini bisa menggunakan bantuan sinar matahari. Briket dari bahan tempurung kelapa ini pun siap dikemas dan dipasarkan.

Pembuatan briket dari bahan tempurung kelapa ini cukup dan simpel. Anda bisa mencoba cara membuat briket dari bahan tempurung kelapa ini. Briket berbahan tempurung kelapa akan membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Hasil memasak pun memuaskan dengan menghasilkan cita rasa masakan yang enak sehingga menguntungkan bagi para penggunannya baik ibu rumah tangga, usaha warung makan, restaurant maupun industri.

3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (2)

Supaya kegiatan membuat briket semakin mudah dan sederhana maka gunakan peralatan pendukung. Peralatan yang sesuai untuk membantu membuat briket ini yaitu dengan menggunakan mesin penepung serbaguna atau disk mill. Dengan menggunakan mesin disk mill ini maka kegiatan penepungan arang akan semakin mudah dan cepat. Mesin disk mill dari Maksindo ini memang mampu menepungkan aneka jenis bahan seperti jagung, beras, singkong, ikan, arang, kacang dan aneka produk lainnya. Mesin disk mill ini pun handal dengan desain kokoh serta berkualitas sehingga bisa tahan lama digunakan untuk menepungkan berbagai bahan. Apabila tertarik memiliki mesin disk mill dari Maksindo ini maka silahkan KLIK DISINI untuk info selengkapnya.

  1. Briket dari Serbuk Kayu

3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (3)

Serbuk kayu ini biasanya akan dibuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan dan akan menimbulkan banyak masalah lingkungan dari bahan satu ini. Namun saat ini serbuk kayu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengurangi masalah lingkungan yaitu dengan membuat briket dari bahan serbuk kayu. Pembuatan briket dari bahan serbuk kayu ini mudah dengan bahan kayu yang mudah terbakar. Briket dari bahan serbuk kayu bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak dan aneka kebutuhan lainnya. Briket serbuk kayu ini dapat dihasilkan dari limbah gergaji yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :

  • Serbuk kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Proses Pembuatan Briket Serbuk Kayu :

  1. Pengarangan

Serbuk kayu yang sudah didapatkan dengan bahan tempurung kelapa ini dibakar agar menjadi arang.

  1. Pengayakan

Jika sudah menghasilkan arang yang halus maka lakukan pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh serta arang tempurung kelapa ukuran kelolosan 70 mesh.

  1. Pencampuran

Arang serbuk gergaji serta tempurung kelapa yang sudah disaring selanjutnya dicampur dengan menggunakan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % serta arang tempurung kelapa sebanyak 10 %. Ketika proses pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang tadi.

  1. Pencetakan briket arang

Jika bahan sudah dicampurkan dengan merata maka bahan arang bisa langsung dimasukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa. Jika sudah dicetak briket bisa langsung dikeringkan menggunakan oven pengering atau menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

Dengan memanfaatkan bahan seperti serbuk kayu dan mengolahnya menjadi briket merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan lain berupa bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari – hari.

  1. Briket dari Sampah Organik

3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (4)

Sampah selalu ada setiap harinya dan menjadi permasalahan bagi masyarakat terutama dikota besar. Sampah pun membludak dimana – mana sehingga menggangu pemandangan dan mencemari lingkungan. Untuk bisa mengurangi sampah organik ini maka perlu melakukan pengolahan atau penanganan. Penanganan yang tepat yaitu dengan mengolah sampah organik menjadi briket. Briket sampah efektif digunakan untuk bahan bakar kebutuhan sehari – hari, tentunya briket dari bahan sampah organik lebih hemat. Terdapat banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan memasak menggunakan briket sampah, terutama dalam hal cita rasa masakan. Menggunakan briket sampah organik membuat masakan lebih enak dan menghasilkan cita rasa khas dibandingkan dengan menggunakan kompor minyak. Cara membuat briket dari bahan sampah ini pun cukup mudah, simak caranya dibawah ini :

Bahan :

  • Sampah organik kering seperti daun, ranting, sisa sampah dapur kering, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll
  • Perekat alami atau buatan yaitu tepung kanji

Alat :

  • Drum (untuk pembakaran)
  • Sekop
  • Wadah (baskom/panci)
  • Mesin pencetak briket
  • Anglo (cetakan briket)
  • Lesung (penumbuk)
  • Ember
  • Tongkat kayu(pengaduk)

Proses Pembuatan Briket Sampah Organik :

Pengarangan :

  1. Siapkan drum yang nantinya digunakan untuk proses pembakaran atau pengarangan sampah organik.
  2. Sampah organik seperti daun kering dicacah dahulu lalu dimasukkan ke dalam drum kemudian dibakar. Sampah selanjutnya dimasukkan dalam drum pembakaran sedikit demi sedikit supaya nyala api tidak padam.
  3. Jaga selalu agar proses pembakaran ini tidak ada udara yang keluar masuk dalam drum. Apabila udara bisa keluar masuk drum maka pembakaran ini tidak akan menghasilkan arang namun abu.
  4. Matikan api, jika proses pengarangan selesai.

Pembuatan briket sampah organik :

  1. Persiapkan penumbuk seperti lesung, lalu arang yang tersedia ini ditumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk arang. Bila sudah maka kumpulkan bubuk arang pada suatu tempat seperti ember.
  2. Persiapkan lem kanji serta encerkan dengan menggunakan air panas. Campurkan kanji dengan bubuk arang supaya menjadi adonan yang lengket. Bila sudah, adonan diaduk supaya tercampur rata dan menjadi adonan yang sedikit lengket.
  3. Persiapkan cetakan briket, cetakan briket bisa memanfaatkan pipa PVC, bambu atau dengan mengepal bahan menggunakan tangan.
  4. Bila sudah cetak adonan dengan memasukannya dalam cetakan secara padat, bila sudah keluarkan dari cetakan.
  5. Jemur briket dibawah sinar matahari hingga kering.
  6. Briket dari bahan sampah pun siap digunakan.

Proses pembuatan briket dari bahan sampah organik ini memang mudah dan bisa dicoba dirumah. Mengolahan sampah menjadi bahan bakar menjadi salah satu alternative mengurangi sampah menumpuk disekitar kita. Dengan cara ini tentu akan lebih menghemat pengeluaran dan bisa mengurangi sampai, lingkungan bisa kembali bersih dari sampah.

Demikian tadi merupakan pembahasan yang bisa disampaikan tentang cara membuat briket dengan memanfaatkan bahan di sekitar kita. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat mencoba.

3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Reed Wilderman

Last Updated:

Views: 5400

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Reed Wilderman

Birthday: 1992-06-14

Address: 998 Estell Village, Lake Oscarberg, SD 48713-6877

Phone: +21813267449721

Job: Technology Engineer

Hobby: Swimming, Do it yourself, Beekeeping, Lapidary, Cosplaying, Hiking, Graffiti

Introduction: My name is Reed Wilderman, I am a faithful, bright, lucky, adventurous, lively, rich, vast person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.